Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide


Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama.

Kompetensi Dasar
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengana memperhatikan keaslian ide.

Indikator
Mampu menyusun kerangka nas¬kah drama yang mengandung ke¬aslian ide.
Mampu mengembangkan ke¬rang¬ka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keas¬li¬an ide.

Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran materi ini, siswa mampu:
menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang dipilih.
menulis naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
menyunting naskah drama.

Materi Pokok
Berikut ini disampaikan pokok-pokok materi tentang Penulisan naskah drama dengan memperhatikan keaslian ide 

Alokasi waktu : 4 X 40 menit

Metode Pembelajaran
Tanya Jawab
Diskusi
Inkuiri
Penugasan

MATERI 
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengana memperhatikan keaslian ide. 

Menulis Drama Satu Babak 

Langkah-langkah menulis naskah drama satu babak: 
1)  Mengenali konflik dalam cerita 
2)  Mengenali kaidah naskah drama 
3)  Menulis kretif naskah drama satu babak 
4)  Mengomentari naskah drama yang disusun 
1) Mengenali Konflik dalam Cerita yang Pernah Ditonton 

Konflik dalam cerita berupa pertentangan antara dua kekuatan (dua tokoh) karena adanya dua keinginan atau lebih yang bertentangan dan menguasai diri seseorang sehingga mempengaruhi tingkah laku. 

Jenis konflik dalam cerita dapat berupa konflik dengan diri sendiri, konflik dengan orang lain,dan konflik dengan Tuhan/ kekuatan gaib, atau konflik dengan kekuatan alam. Alur dalam cerita harus mengandung salah satu atau beberapa jenis konflik tersebut untuk membangun ceritanya. 

Konflik-konflik tersebut diwujudkan dalam lakuan dan dialog. 

Contoh 1: Siapa yang bertentangan? Orang tua dengananak. 
Mengapa bertentangan? Orang tuanya ingin agaranaknya menjauhi pacarnya yang 
Berandal,tetapi anaknya ngotot mencintai pacarnya. 

Contoh 2: Siapa yang bertentangan? Siswa SMP dan kelompoknya.  

Mengapa bertentangan? Salah seorang siswa dalam kelompok membocorkan 
rahasia kelompok, sedangkan anggotakelompok lain menginginkan kejujuran dan 
kekompakan.

Contoh 3: Apa yang bertentangan? Nurani dengan nafsudalam diri seseorang. 
Mengapa bertentangan? Tokoh tahu bahwa agama melarang narkoba tapi dia ingin 
mencobanya. 

2. Mengenali Kaidah Naskah Drama 

A. Ada 2 teknik penulisan drama: 

Model 1: 
a. nama tokoh diletakkan di tengah baris; 

b. ucapan tokoh berupa kalimat langsung ditulis di bawah nama tokoh dimulai 
dari margin kiri; 

c. penjelasan keadaan pentas dan lakuan tokoh dicetak miring diapit tanda 
kurung;Contoh: 

(Daniar yang sedang membereskan buku-bukunya, sementara ibunya sedang menjahit baju. Malam sudah lewat jam sepuluh) 

Daniar 

Mama tahu kapan kira-kira perang dunia ketiga akan meletus? 

Mama 
Bagaimana mama tahu? 

Daniar 

Dan kira-kira apa penyebab langsungnya menurut mama?
Mama tidak menjawab) 

Daniar 

Apa mungkin ya Ma? Pertempuran dimulai dari desa kecil di ujung dunia sana? 

Mama 
Wah, mama mana tahu, Daniar? Yang mama tahu ya ukuran baju, 
model baju, dan alat menjahit. 

Daniar 
Ya, nanti kalau Daniar jadi ahli sejarah, pasti tahu! 
(Mama mendekati Daniar, membantu merapikan meja belajarnya) 

Model 2: 
a. nama tokoh diletakkan di bagian kiri baris; 

b. ucapan tokoh yang berupa kalimat langsung ditulis setelah nama dipisahkan 
dengan titik dua; 

c. penjelasan keadaan pentas dan lakuan tokoh dicetak miring diapit tanda kurung. 

Contoh: 
Mama: Sekarang tidurlah. Kamu belajar terlalu keras. Kamu sehat kan? 
Daniar: Tentu Ma, Daniar harus belajar keras! Daniar ingin berhasil Ma, Daniara aingin jadi ilmuwan! 
Mama: Iya, mama tahu, tapi menjaga kesehatan juga penting, bukan? Nah, sekarang 
tidurlah! 
Daniar: Oke, Ma! 
Mama: Oh Iya... tadi Daniar ingin jadi ahli sejarah? 
Daniar: Iya, Ma! Apakah mama tidak setuju? 
Mama: Sudahlah, besok dibicarakan lagi. Sekarang tidurlah! 
(Melangkah ke pintu) 

B. Drama disajikan berbentuk babak dan adegan. Babakterdiri atas beberapa adegan. 

Adegan ditandai dengan pergantian pelaku dalam satu peristiwa (satu kali tutup layar dalam drama tradisional). 

C. Dalam naskah drama terdapat pelaksanaan (narasi) yang menunjukkan latar, suasana, lakuan para tokoh dalam drama. 

D. Dalam naskah drama dituliskan nama-nama pelaku yang berbicara di depan kalimat- kalimat dialog. 

3. Menulis Kreatif Naskah Drama 

a.Tulis satu konflik/ pertentangan yang kamu sukai 

b. Lengkapilah konflik yang telah kamu tentukan menjadi sebuah rangkaian cerita 
Berilah nama tokoh-tokoh yang ada dalam rangkaian ceritamu 

c. Ubahlah narasi menjadi dialog-dialog, susun menjadi naskah dramam sesuai dengan kaidah penulisana drama! 

4. Mengomentari Naskah Drama yang Disusun 
Komentar berdasarkan: 
1)  Keunikan konflik yang diiangkat dalam naskah drama. 
2)  Kelogisan penyelesaian konflik 
3)  Kesesuaian dialog dengan rangkaian peristiwa yang digambarkan 
4)  Kejelasan isi diaalog 
5)  Kejelasan narasi (penjelasan) sehingga mudah dipentaskan. 



Latihan
1. Susunlah kerangka naskah drama berdasarkan ide yang kamu pilih!
2. Kembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah naskah drama

Unduh materi lengkapnya di sini

Unduh Power Point atau Slidenya di sini

0 Response to "Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide"