Contoh RPP Al Quran Hadits K13






RENCANA PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS
Satuan Pendidikan                   : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran                          : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester                        : VII/I
 Materi                                         : Kedudukan  dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia
Alokasi Waktu                          : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

A.                  AKOMPETENSI INTI
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

B.             KOMPETENSI DASAR
1.1    Meyakini  al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup
1.2    Memiliki perilaku mencintai al-Quran dan Hadis dalam kehidupan
1.3    Memahami kedudukan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia

C.              INDIKATOR
1.         Menjelaskan pengertian dan fungsi Al Quran
2.         Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadis
3.         Membedakan fungsi Al Quran dan Hadis
4.         Menjelaskan cara memfungsikan Al Quran dan Hadis
5.         Menjelaskan Prilaku orang yang mencintai Al Quran dan Hadis

D.             TUJUAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosi dan mnegkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan fungsi Hadis, Membedakan fungsi Al Quran dan Hadis, Menjelaskan cara memfungsikan Al Quran dan Hadis, Menjelaskan Prilaku orang yang mencintai Al Quran dan Hadis

E.              MATERI POKOK
1.         Pengertian Al Quran dan Hadis
2.         Cara memfungsikan Al Quran dan Hadis
3.         Cara mencintai Al Quran dan Hadis
4.         Ciri-ciri  Prilaku orang yang mencintai Al Quran dan Hadis
E.         PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Scientific Method (Metode Ilmiah)


F.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

·    Pendahuluan

1.       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.       Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya
5.       Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral system  family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik)

·         Kegiatan Inti

(Mengamati)
Mengamati gambar, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis

Menanya
Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan kedudukan Al-Qur’an dan hadis.

                Mengexplorasi
Secara berkelompok mencari informasi yang terkait dengan pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.

Mengasosiasi
·           Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
·           Secara berkelompok melakukan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
·           Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.

                Mengkomunikasikan
Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman  hidup umat manusia.
Memberikan tanggapan  papararan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman  hidup umat manusia..


·    Penutup
1.         Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2.         Guru melakukan penilain atau refleksi terhadap yang sudah dilaksanakan secara konsistem dan terprogram
3.         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.         Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
5.         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


G.              MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                           : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan                   : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar            : Buku Paket





H.             PENILAIAN
1.  Pengamatan Sikap
a.  Format Penilaian Individu

A. Kerjasama
B. Keaktifan
C. Kepedulian dan Kesantunan
D. Inisiatif


b. Rubrik Penilaian
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kerjasama
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
1
Mulai memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
2
Mulai berkembang  kerjasama dengan teman satu kelompok
3
Mulai membudayakan  kerjasama dengan teman satu kelompok
4
2
Keatifan
Belum memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
1
Mulai memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
2
Mulai berkembang  Keatifan dengan teman satu kelompok
3
Mulai membudayakan  Keatifan dengan teman satu kelompok
4
3
Kepedulian dan kesantunan
Tidak mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang santun
1
Kurang dapat menghargai pendapat orang lain dan kurang santun
2
Menghargai orang lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
3
Menghargai orang lain dan menanggapi pendapat dengan santun
4
4
Inisiatif
Belum memperlihatkan inisiatif
1
Mulai memperlihatkan inisiatif
2
Mulai berkembang inisiatif
3
Mulai membudayakan inisiatif
4


NIlai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maksimum

 


=





2.  Format Penilaian “kembangkan pikiranmu” (Berdiskusi – Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak


1
2
3
T
TT
R
P


































b. Aspek Penilaian
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kedalaman informasi
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna
30
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna
20
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap
10
2
Keatifan dalam diskusi
Berperan sangat aktif
30
Berperan Aktif
20
Kurang aktif
10
3
Kejelasan dan kerapihan hasil presentasi
Mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi
40
Mempresentasikan dengan jelas dan rapi
30
Mempresentasikan dengan jelas dan tidak rapi
20
Mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi
10


NIlai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maksimum

 




3.  Format Penilaian Berlatihlah
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak


1
2
3
T
TT
R
P


































b. Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kedislipinan
Tepat waktu dalam penyerahan tugas
26-30
Terlambat dalam penyerahan tugas
10-25
2
Antusiasme
Sangat antusias mengerjakan tugas
26-30
Biasa saja dalam mengerjakan tugas
16-25
Enggan dalam melaksanakan tugas
10-15
3
Kejelasan dan kerapihan hasil tugas
Hasil tugas yang diserahkan sangat rapi dan jelas
31-40
Hasil tugas yang diserahkan cukup dan jelas
21-30
Hasil tugas yang diserahkan tidak rapi dan asal-asalan
10-20


NIlai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maksimum

 


=

I.               REMEDIAL

Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching)selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.


J. INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA


Guru meminta siswa memperlihatkan lembapenilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.



Mengetahui,
Kepala Madrasah




(………………………..)

Depok, …………………2014
Guru Mata Pelajaran Qurdis




(………………………..)

0 Response to "Contoh RPP Al Quran Hadits K13"