RPP Quran Hadits Kelas VII Kurikulum 2013





RENCANA PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS
Satuan Pendidikan                   : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran                          : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester                        : VII/II
 Materi                                         : Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
Alokasi Waktu                          : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

A.             KOMPETENSI INTI
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

B.             KOMPETENSI DASAR
1.1      Meyakini pentingnya hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
1.2      Menyadari  pentingnya sikap tasamuh
1.3      Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2.1      Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2      Terbiasa menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
2.3  Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari
3.1      Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.1      Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan


C.              INDIKATOR
1.         Menyebutkan arti hukum bacaan Qalqalah
2.         Menjelaskan ciri-ciri hukum bacaan Qalqalah
3.         Mendiskripsikan cara membunyikan hukum bacaan Qalqalah
4.         Mengidentifikasi hukum bacaan  Qalqalah
5.         Menyimpulkan cara membaca bacaan  Qolqolah
6.         Mempraktekan bacaan Qolqolah

D.             TUJUAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosi dan mnegkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu membaca, menjelaskan, mendeskripsikan, mengidentifikasi, menyimpulkan dan mempraktekan bacaan qolqolah.

E.              MATERI POKOK
1.         Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan

F.              PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Scientific Method (Metode Ilmiah)


G.              KEGIATAN PEMBELAJARAN

·    Pendahuluan

1.       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.       Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya
5.       Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral system  family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik)

·         Kegiatan Inti

(Mengamati)
·       Mengamati penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah
·       Menyimak bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan qalqalah dengan baik dan benar

(Menanya)
·       Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik   mengajukan pertanyaan atau  pernyataan yang terkait dengan hukum bacaan qalqalah
·       Secara berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah

 (Mengeksplorasi)
·       Secara kelompok menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan qalqalah, ketentuan hukum bacaan qalqalah dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
·       Mencari contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Al-Qur’an, khususnya Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah

Mengasosiasi
·       Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang hukum bacaan qalqalah
·       Mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
·       Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.

Mengkomunikasi
·       Mempresentasikan hokum bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
·       Menunjukkan contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an


·    Penutup
1.         Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2.         Guru melakukan penilain atau refleksi terhadap yang sudah dilaksanakan secara konsistem dan terprogram
3.         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.         Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
5.         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


H.             MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                           : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan                   : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar            : Buku Paket


I.               PENILAIAN
1.  Pengamatan Sikap
a.  Format Penilaian Individu
No
Nama Siswa
Aktifitas
Skor
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Kepedulian dan Kesantunan
Inisiatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4







































































































b. Rubrik Penilaian
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kerjasama
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
1
Mulai memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
2
Mulai berkembang  kerjasama dengan teman satu kelompok
3
Mulai membudayakan  kerjasama dengan teman satu kelompok
4
2
Keatifan
Belum memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
1
Mulai memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
2
Mulai berkembang  Keatifan dengan teman satu kelompok
3
Mulai membudayakan  Keatifan dengan teman satu kelompok
4
3
Kepedulian dan kesantunan
Tidak mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang santun
1
Kurang dapat menghargai pendapat orang lain dan kurang santun
2
Menghargai orang lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
3
Menghargai orang lain dan menanggapi pendapat dengan santun
4
4
Inisiatif
Belum memperlihatkan inisiatif
1
Mulai memperlihatkan inisiatif
2
Mulai berkembang inisiatif
3
Mulai membudayakan inisiatif
4

NIlai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maksimum

 


2.  Format Penilaian “kembangkan pikiranmu” (Berdiskusi – Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak


1
2
3
T
TT
R
P


































b. Aspek Penilaian
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Fashohah
Melafalkan ayat dengan sangat lancar
30
Melafalkan ayat dengan lancar
20
Melafalkan beberapa ayat kurang lancar
10
2
Tajwid
Membaca ayat –ayat Al Quran sesuai dengan tajwid
30
Beberapa potongan ayat dibaca tidak sesuai dengan tajwid
20
Banyak hukum bacaan tajwid yang tidak digunakan
10
3
Hafidz
Menghafalkan terjemahan ayat dengan sangat lancar
30
Menghafalkan terjemahan ayat dengan lancar
20
Menghafalkan terjemahan ayat beberapa ayat kurang lancar
10



NIlai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maksimum

 
 




3.  Format Penilaian Berlatihlah
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak


1
2
3
T
TT
R
P


































b. Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kedislipinan
Tepat waktu dalam penyerahan tugas
26-30
Terlambat dalam penyerahan tugas
10-25
2
Antusiasme
Sangat antusias mengerjakan tugas
26-30
Biasa saja dalam mengerjakan tugas
16-25
Enggan dalam melaksanakan tugas
10-15
3
Kejelasan dan kerapihan hasil tugas
Hasil tugas yang diserahkan sangat rapi dan jelas
31-40
Hasil tugas yang diserahkan cukup dan jelas
21-30
Hasil tugas yang diserahkan tidak rapi dan asal-asalan
10-20


NIlai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maksimum

 
 


=

I.               REMEDIAL

Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching)selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.


J. INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA


Guru meminta siswa memperlihatkan lembapenilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.


Mengetahui,
Kepala Madrasah




(………………………..)

Depok, …………………2014
Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis




(………………………..)




1 Response to "RPP Quran Hadits Kelas VII Kurikulum 2013"

Unknown said...

,pak minta perangkat pembelajaran al Qur'an Hadist kelas 7 Kurtilasnya yg lengkapnya ada engga ya?