Contoh RPP Bahasa Arab MTs Kelas VII K 13







RENCANA PEMBELAJARAN BAHASA  ARAB
Satuan Pendidikan                    : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran                           : Bahasa Arab
Kelas/Semester                         : VII/I
Materi                                          : Mendengar (Tarif Bin Nafsi)
Alokasi Waktu                           : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

A.         KOMPETENSI INTI
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

B.         KOMPETENSI DASAR
2.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa    pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.3    Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.4    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.5   Mengidentifikasi bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

Tujuan Pembelajaran


Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:ta'rif bin Nafsi
siswa dapat  menirukan, memperagakan dan menunjukkan gambar dengan benar.

Indikator Pembelajaran
 Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan yang diperdengarkan tentang topik: ta'rif bin Nafsi
 Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik:
 Memperagakan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik:
 Menunjukan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik:
 

D.         MATERI POKOK/ESENSIAL
             Ta'rif bin Nafsi
             Keterampilan mendengar tentang topik Ta'rif bin Nafsi


E.         PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Scientific Method (Metode Ilmiah)
2.         Tanya Jawab
3.         Sam’iyah Syafawiyah

F.         KEGIATAN PEMBELAJARAN


Kegiatan Guru

1.       Guru mengucapkan salam
2.       Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
3.       Guru mengabsen siswa
4.       Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
5.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
6.       Guru mengantarkan Siswa kepada suatupermasalahan yang dihadapi kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
7.       Guru  menyampaikan  garis  besar  cakupan  materi  dan  penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta bentuk tes dan tugas selesai pembelajaran yang akan dilaksanakannya.siswa mengenai materi yang akan dipelajari.

Siswa dengan khidmat dan santun

1.       menjawab salam
2.       membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
3.       mendengarkan guru mengabsen
4.       Merespon pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari dengan serius

menyimak tujuan dan penjelasan materi yang disampaikan guru


Mengamati dengan teliti

1.       Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat    bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
2.       Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan.
3.       Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan

Menanya dengan santun
1.       Siswa  melakukan tanya jawab dengan menggunakan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab baik secara individu maupun kelompok.
2.       Siswa menanyakan materi tentang dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.

Mencoba dengan penuh semangat
5.       Siswa melafalkan materi
6.       Siswa menunjukan gambar atau mempergakannya sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkannya
7.       Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan

Menalar dengan terampil
8.       Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
9.       Siswa menunjukan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
10.    Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan

Mengkomunikasikan dengan percaya diri dan tanggung jawab
11.    Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai gambar
12.    Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab tentang gamber beserta artinya
13.    Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat sesuai yang diperdengarkan.



Mengamati dengan teliti

1.       Guru meminta siswa  mengulangi  kata, frasa dan kalimat tentang
2.       Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan.
3.       Guru meminta siswa agar membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topik  materi dalam bahasa Arab
4.       Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan tentang istima’  yang terdapat dalam buku
5.       Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya

6.       Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan memberi salam


TUGAS TERSTRUKTUR (20 MENIT)

TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR

Membiasakan mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).


G.         MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                           : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan                   : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar            : Buku Paket, kamus

H.         PENILAIAN

1.   Penilaian Performansi
2.   Penilaian Sikap


Penilaian Performansi
Indikator Pembelajaran I
(Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan)

Indikator Pembelajaran II, III dan IV

(Menunjukkan tulisan, memperagakan dan menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan)


b. Penilaian Sikap (observasi)


Rentang Skor Sikap
Penskoran :       Nilai = Jumlah  skor  Jawaban
5



Penilian tugas tidak terstruktur

I.               REMEDIAL

Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching)selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.


J. INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA


Guru meminta siswa memperlihatkan lembapenilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.


0 Response to "Contoh RPP Bahasa Arab MTs Kelas VII K 13"