Contoh RPP IPA Kelas VII Kurikulum 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Unit 1
Besaran dan Satuan

Satuan Pendidikan       : Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Semester             : VII/1
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu             : 5 JP (5 X 40 menit)

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.          Menyadari ciptaan Tuhan berupa alam semesta yang dipelajari dari ilmu fisika melalui peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari–hari.
1.2      Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.          Mensyukuri keberadaan alam semesta yang diciptakan Tuhan secara teratur dan sempurna melalui pembelajaran ilmu fisika yang dapat dirasakan di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari–hari.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati–hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari–hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 
1.          Mengidentifikasi ciri–ciri pada teman, misalnya tinggi badan, berat badan, warna rambut, dan warna kulit.
2.          Mensimulasikan pengukuran panjang benda berdasarkan Kegiatan 1.
3.          Mengidentifikasi beberapa macam alat ukur dan tata cara pembacaannya yang benar.
4.          Mempraktekkan pengukuran benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku beberapa besaran fisika.

Kompetensi Dasar
Indikator
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari–hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.          Mengkomunikasikan hasil pengukuran dalam bentuk laporan.
2.          Mendiskusikan hasil laporan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab. 
3.          Mengkomunikasikan hasil pengamatan agar tidak terjadi kesalahpahaman antaranggota kelompok.
3.1      Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
1.          Mengukur beberapa besaran pokok dalam fisika pada benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku.
2.          Menggambarkan cara atau prosedur ahli Ilmu Pengetahuan Alam melakukan penetapan satuan pada besaran pokok fisika ke dalam tulisan sederhana.
3.          Mensimulasikan pengukuran benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku beberapa besaran fisika dengan benar.
4.1      Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran–besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
1.          Mempresentasikan laporan pengukuran benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku secara singkat di depan kelas.

Pertemuan I (Hari I)
A.       Tujuan
1.         Menelusuri peran ilmu fisika sebagai salah satu bagian terpenting dalam kehidupan.
2.         Menguraikan pengertian besaran fisika dan satuannya.
3.         Menyebutkan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan dan lambangnya.
4.         Mengenali satuan sistem internasional melalui kegiatan eksperimen.
5.         Mencatat bilangan dalam notasi ilmiah, faktor pengali dari sebuah besaran, dan nilai konversi satuan.
B.        Materi Pembelajaran
1.          Pendahuluan: Fisika, Apakah itu?
2.          Besaran Fisika dan Satuannya
3.          Besaran Pokok dan Besaran Satuan
4.          Satuan Sistem Internasional
5.          Notasi Ilmiah, Faktor Pengali, dan Konversi Satuan
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan umum     : direct instruction
2.         Metode                      : eksperimen, diskusi kelompok
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media: Powerpoint Unit 1 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Grafindo
2.         Alat: OHP atau infocus, alat dan bahan kegiatan eksperimen
3.          Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VII SMP, Penerbit Grafindo Media Pratama
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.         Mengkondisikan siswa mengenal besaran fisika. 
b.         Apersepsi:
1)        Mengapa ilmu fisika harus dipelajari?
2)        “Boneka itu sangatlah lucu”. Dapatkah kata “lucu” diukur dan dinyatakan dengan angka? Jelaskan.
3)        Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 70 km/jam. Tentukan mana yang disebut besaran, angka besaran, dan satuan pada hasil tersebut?
c.         Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengenalan dasar besaran fisika dan satuannya.
2.         Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati (Observing)
1)        Mengidentifikasi ciri–ciri pada teman, misalnya tinggi badan, berat badan, warna rambut, dan warna kulit.
2)        Mensimulasikan pengukuran panjang benda berdasarkan Kegiatan 1 halaman 7.
3)        Mengubah (mengonversi) satuan panjang benda, tinggi badan, dan berat badan dari data hasil pengukuran.
Menanya (Questioning)
1)        Mengajukan pertanyaan awal tentang pengertian beserta macam–macam besaran pokok dan besaran satuan dalam ilmu fisika.
2)        Menanyakan alasan perumusan satuan terstandar (baku) sangat penting dalam pengukuran.
3)        Menanyakan proses penetapan satuan pada besaran pokok fisika oleh para ahli Ilmu Pengetahuan Alam.
4)        Tata cara penulisan notasi ilmiah dan faktor pengali, serta mengubah (mengonversi) satuan suatu besaran fisika.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)        Mempraktekkan identifikasi ciri–ciri pada teman dan pengukuran pada Kegiatan 1 halaman 7 dengan satuan baku dan tak baku.
2)        Mempelajari pembahasan faktor pengali pada Contoh Soal 3 dan konversi satuan besaran fisika pada Contoh Soal 4–Contoh Soal 6.
3)        Mencari informasi dari berbagai sumber lain tentang contoh tata cara penulisan notasi ilmiah dan faktor pengali, serta tata cara mengubah (mengonversi) satuan suatu besaran fisika.
Mengasosiasi (Associating)
1)        Menganalisis data pengukuran dalam bentuk tabel.
2)        Menyimpulkan hasil analisis data yang diperoleh.

Mengkomunikasikan (Communicating)
1)        Menggambarkan cara atau prosedur ahli Ilmu Pengetahuan Alam melakukan penetapan satuan pada besaran pokok fisika ke dalam tulisan sederhana.
2)        Mengkomunikasikan hasil pengukuran dalam bentuk laporan.
3)        Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara besaran fisika, baik besaran pokok maupun besaran turunan, beserta satuannya yang telah diaplikasikan dalam kehidupan sehari–hari. Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab. 
3.         Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.         Menyimpulkan perumusan satuan terstandar (baku) besaran fisika dalam pengukuran, tata cara penulisan notasi ilmiah dan faktor pengali, serta tata cara mengubah (mengonversi) satuan suatu besaran fisika.
b.         Merefleksikan pengenalan dasar besaran fisika dan satuannya melalui pengerjaan Uji Kemampuan 1 halaman 5, Uji Kemampuan 2 halaman 7, Uji Kemampuan 3 halaman 11, dan Uji Kemampuan 4 halaman 14.
c.         Menemukan nilai rasa ingin tahu, komunikatif, teliti, cermat, kritis, dan mandiri yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan II (Hari II)
A.       Tujuan
1.         Menunjukkan alat ukur yang digunakan dalam penentuan besaran fisika.
2.         Membaca berbagai macam alat ukur melalui kegiatan eksperimen.
B.        Materi Pembelajaran
1.          Alat Ukur dan Pengukuran
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan umum     : direct instruction
2.         Metode                      : eksperimen, diskusi kelompok
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media: Powerpoint Unit 1 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Grafindo
2.         Alat: OHP atau infocus, alat dan bahan kegiatan eksperimen
3.          Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VII SMP, Penerbit Grafindo Media Pratama
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.         Mengkondisikan siswa mengenal alat ukur besaran fisika. 
b.         Apersepsi:
1)        Alat ukur apa saja yang kamu ketahui untuk mengukur besaran fisika? Pernahkah kamu menggunakannya?
2)        Bagaimana cara pembacaan alat ukur tersebut?
c.         Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengenalan dasar alat ukur besaran fisika.
2.         Inti
a.         Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati (Observing)
1)        Mengidentifikasi alat ukur, misalnya mistar ukur, jangka sorong, mikrometer ulir atau sekrup, stopwatch, dan neraca atau timbangan.
2)        Mempelajari tata cara pembacaan mistar ukur, jangka sorong, mikrometer ulir atau sekrup, dan neraca atau timbangan pada Contoh Soal 7–Contoh Soal 10.
Menanya (Questioning)
1)        Menanyakan cara dan alat yang digunakan dalam mengukur besaran fisika, serta sikap yang tepat dalam melakukan pengukuran.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)        Mempraktekkan pengukuran benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku beberapa besaran fisika pada Kegiatan 2–Kegiatan 5.
Mengasosiasi (Associating)
1)        Menganalisis data pengukuran dalam bentuk tabel.
2)        Menyimpulkan hasil analisis data yang diperoleh.
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)        Mengkomunikasikan hasil pengukuran dalam bentuk laporan.
2)        Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
c.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara besaran fisika dengan alat ukurnya. Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab. 
3.         Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.         Menyimpulkan tata cara pembacaan beberapa alat ukur besaran fisika yang benar.
b.         Merefleksikan penggunaan alat ukur besaran fisika melalui pengerjaan Uji Kemampuan 5 halaman 20. Kerjakan pula Uji Kemampuan Unit 1 halaman 22–24 sebagai bentuk pemahaman materi unit ini. 
c.         Menemukan nilai rasa ingin tahu, komunikatif, teliti, cermat, kritis, dan mandiri yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
§   Pengamatan Sikap
§   Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik Penilaian Sikap
§   Tes Unjuk Kerja
§   Lembar Tes Unjuk Kerja
§   Tes Tertulis
§   Tes Pilihan
§   Portofolio
§   Panduan Penyusunan Portofolio

2.         Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur atas keberadaan alam semesta sebagai ciptaan Tuhan melalui pembelajaran ilmu fisika yang dapat dirasakan di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari–hari.




2
Memiliki rasa keingintahuan yang besar terhadap berbagai macam besaran fisika dan satuannya, serta berbagai macam alat ukur besaran fisika dan pembacaannya dengan benar.




3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun berkelompok.




4
Menunjukkan keseriusan selama dan setelah melakukan pengamatan, seperti mengikuti langkah kerja dengan benar dan mengkomunikasikan data hasil pengamatan.




Rubrik Penilaian Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa syukur atas keberadaan alam semesta sebagai ciptaan Tuhan melalui pembelajaran ilmu fisika yang dapat dirasakan di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari–hari.
3:      Selalu menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan di setiap kesempatan (topik yang dibahas).
2:      Baru menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan pada saat melakukan refleksi.               
1:      Belum menunjukkan ekspresi rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan pada saat melakukan refleksi. 
2
Memiliki rasa keingintahuan yang besar terhadap berbagai macam besaran fisika dan satuannya, serta berbagai macam alat ukur besaran fisika dan pembacaannya dengan benar.
3:      Selalu menunjukkan rasa keingintahuan dengan antusias yang besar melalui keterlibatan secara aktif dalam kegiatan kelompok.   
2:      Sedikit menunjukkan rasa keingintahuan dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika diminta.  
1:      Tidak menunjukkan rasa ingin keingintahuan dan sulit terlibat secara aktif walaupun telah diminta.
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun berkelompok.
3:      Tekun dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan dan berupaya mengumpulkan tugas tepat waktu.
2:      Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1:      Tidak berupaya sungguh–sungguh dalam menyelesaikan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu.
4
Menunjukkan keseriusan selama dan setelah melakukan pengamatan, seperti mengikuti langkah kerja dengan benar dan mengkomunikasikan data hasil pengamatan.
3:      Selalu menunjukkan keseriusan yang besar selama dan setelah pengamatan serta terlibat secara aktif dalam kegiatan kelompok.    
2:      Sedikit menunjukkan keseriusan dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika diminta.   
1:      Tidak menunjukkan keseriusan yang besar dan sulit terlibat secara aktif walaupun telah diminta. 
Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan angkanya yang penting, namun deskripsi sikap siswa).

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Aspek yang Dinilai
Ya
Tidak
Keterangan
1
Membaca disertai pemahaman terhadap materi eksperimen yang akan dilakukan. 



2
Menguasai langkah kerja eksperimen dengan benar.



3
Menggunakan peralatan eksperimen secara hati–hati dan bertanggung jawab.



4
Melakukan pengambilan data hasil pengamatan dengan benar, cemat, dan bersungguh–sungguh.



5
Mampu bekerja sama dengan baik antaranggota kelompok yang lain.



6
Mengembalikan alat kerja setelah eksperimen selesai.




c.         Lembar Tes Tertulis
1.         Mengukur adalah ….
a.         membandingkan satuan dengan yang lain dan sejenis
b.         menghitung satuan dengan yang lain dan sejenis
c.         mengeja satuan dengan yang lain dan sejenis
d.         menambah satuan dengan yang lain dan sejenis
2.         Jika Ali menghitung panjang sisi meja dengan penggaris ternyata lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan menggunakan pensil. Perlakuan Ali tersebut disebut ....
a.         berlogika
b.         menghitung
c.         mengukur
d.         membandingkan
3.         12 kg berarti ….
a.         besaran panjang bernilai 12 satuannya kilogram
b.         besaran massa bernilai 12 satuannya kilogram
c.         besaran volume bernilai 12 satuannya kilogram
d.         besaran waktu bernilai 12 satuannya kilogram
4.         Pernyataan di bawah ini adalah benar, kecuali ….
a.         membandingkan satuan dengan besaran lain yang sejenis adalah mengukur
b.         sesuatu yang dapat diukur merupakan besaran
c.         jika 2 m dapat dijumlahkan dengan 200 cm
d.         besaran yang diturunkan dari besaran pokok merupakan besaran turunan


5.         Satuan SI untuk kuat arus adalah ….
a.         amperemeter
b.         centimeter
c.         ampere
d.         kilometer
6.         Kecepatan motor balap adalah 108 km/jam. Nilai tersebut sama dengan ….
a.         300 m/s
b.         30 m/s
c.         3 m/s
d.         semua salah
7.         Nilai 72  105 mili sekon sama dengan ….
a.         7 jam
b.         20 jam
c.         16 jam
d.         22 jam
8.         Luas termasuk ke dalam kolompok besaran turunan karena ….
a.         diturunkan dari besaran pokok panjang
b.         diturunkan dari besaran pokok massa
c.         diturunkan dari besaran pokok kubik
d.         tidak dapat diukur secara langsung
9.         Pengukuran menggunakan jangka sorong ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Hasil pengukurannya adalah ….
a.         http://www.proprofs.com/quiz-school/user_upload/ckeditor/jangka%20sorong(2).jpg0,00511 mm
b.         0,0511 mm
c.         0,511 mm
d.         5,11 mm
10.     Pengukuran menggunakan mikrometer ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Hasil pengukurannya adalah .... 
a.         http://www.proprofs.com/quiz-school/user_upload/ckeditor/Mikrometer.jpg4,58 mm
b.         4,98 mm
c.         4,30 mm
d.         4,35 mm
Jawab:
1.         b               6.   a
2.         d               7.   b
3.         b               8.   a
4.         c               9.   d
5.         c               10. a
d.         Lembar Portofolio
Alat dan Bahan
·           Jangka sorong
·           Mikrometer sekrup
·           Neraca timbang
·           Bola kecil (kelereng)
·           Silinder berongga (pipa kecil)
·           Silinder pejal (tabung)
Langkah Kerja
·           Siapkan alat ukur dan benda yang akan diukur.
·           Kenali ketelitian masing–masing alat ukur.
·           Ukur benda dengan menggunakan alat ukur yang sesuai ketelitiannya. Misalkan, diameter kelereng menggunakan mikrometer sekrup dan tinggi silinder menggunakan jangka sorong.
·           Catat hasil pengukuran.
·           Timbang masing–masing benda dan catat massanya.
·           Hitung volume dan massa jenis masing–masing benda dan tulis laporan nilainya.
Data Pengamatan
No.
Bola
Silinder Berongga
Silinder Pejal
Jari–jari (cm)
Diameter Luar (cm)
Diameter Dalam (cm)
Tinggi (cm)
Diameter (cm)
Tinggi (cm)
1
....
....
....
....
....
....
2
....
....
....
....
....
....
3
....
....
....
....
....
....
Pengolahan Data
·           Menghitung volume bola, silinder berongga, dan silinder pejal.
·           Menghitung massa jenis bola, silinder berongga, dan silinder pejal.
Pertanyaan
·           Sebutkan jenis alat ukur panjang dan massa?
·           Jelaskan langkah–langkah untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat.
·           Tulislah hasil dan data yang diperoleh dalam Satuan Internasional (SI).

·           Bandingkan hasil pengukuran yang kamu peroleh dengan hasil pengukuran yang diperoleh temanmu. Jika berbeda, mengapa demikian?

Sumber : PAG Grafindo: Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VII SMP

0 Response to "Contoh RPP IPA Kelas VII Kurikulum 2013"