RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Materi Kerajinan


Pengertian kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras (kertas, plastik, karton, kardus, kaleng,  dan lain-lain)

Kompetensi Inti (KI) :

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

  1. Memahami desain kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat (3.3)
  2. Mendeskripsikan proses modifikasi jenis bahan limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasan berdasarkan proses berkarya sesuai wilayah setempat (3.4)
  3. Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari  bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat (4.3)
  4. Memodifikasi kerajinan dan pengemasan dari  berbagai bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan hasil deskripsi karya sesuai wilayah setempat (4.4)

Indikator

  1. Menjelaskan desain kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat.
  2. Memaparkan proses modifikasi jenis bahan limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasan berdasarkan proses berkarya sesuai wilayah setempat.
  3. Menghasilkan karya kerajinan dan pengemasan dari  bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat dengan modifikasi yang menarik. 

Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu : 
  2. Menyampaikan pendapat tentang keragaman kerajinan dari bahan limbah anorganik sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
  3. Mengidentifikasi fungsi, alat, bahan, dan proses yang digunakan ada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan. 
  4. Merancang pembutan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan karya modifikasinya berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
  5. Membuat, menguji, dan mempresentasikan karya kerajinan bahan limbah anorganik di wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

Materi Pembelajaran

  1. Pengertian kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras (kertas, plastik, karton, kardus, kaleng,  dan lain-lain)
  2. Jenis karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras dan fungsinya.
  3. Motif ragam hias pada kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras
  4. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan benda kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras
  5. Pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras

Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : kooperatif
Strategi pembelajaran : praktik
Metode pembelajaran : ceramah, penugasan, dan praktik

Kegiatan Pembelajaran

  • Mengamati

Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras agar terbangun rasa ingin tahu  
  • Menanya

Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan  
Mengumpulkan Data
Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.
  • Mengasosiasi

Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
Membuat  karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
  • Mengkomunikasikan

Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya. 
Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:


  1. Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras
  2. Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras
  3. Aspek yang dinilai:


  • Apresiasi  20% 
  • Keruntutan  berpikir 20% 
  • Pilihan kata 20%
  • Kreativitas bentuk laporan 20%
  • Perilaku  20% 

Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Pengetahuan modifikasi bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras yang ada di lingkungan wilayah setempat  
  2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras
  3. Aspek yang dinilai:


  • Kerincian  20% 
  • Ketepatan pengetahuan 20%
  • Pilihan kata 20% 
  • Keativitas bentuk laporan 20%
  • Perilaku 20% 

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
  1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras
  2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
  3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras yang dibuatnya
  4. Aspek yang dinilai


  • Proses pembuatan 50% 
  1. Ide gagasan
  2. Kreativitas
  3. Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
  • Produk jadinya 30% 
  1. Uji karya
  2. Kemasan
  3. Kreativitas bentuk laporan
  4. Presentasi
  • Sikap 20%
  1. Mandiri
  2. Disiplin
  3. Tanggung jawab

Sumber Belajar
Buku guru prakarya VIII.
Buku siswa prakarya VIII.
Buku paket prakarya VIII.
Dan sumber lain yang berkaitan dengan materi.

0 Response to "RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Materi Kerajinan"