Kisi kisi Ujian Semester 2 SMP/MTs Kurikulum 2013


Kisi kisi merupakan format yang berisi kriteria tentang soal-soal yang akan disusun dengan berpedoman pada indikator yang ada pada silabus, dengan kata lain kisi kisi digunakan sebagai acuan atau petunjuk dalam menulis soal. Adapun fungsi dari kisi-kisi adalah sebagai penduan dalam penulisan soal yang sesuai dengan tujuan evaluasi meski soal dibuat oleh orang yang berbeda tetapi soal yang dihasilkan akan memiliki tingkat kerumitan yang sama.

Kisi-kisi yang dibuat harus memmenuhi persyaratan diantaranya adalah kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus atau materi yang telah diajarkan dan komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.

Contoh kisi-kisi mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 7 semester 2

Kompetensi dasar
Menguraikan al-asma’ al-husna  ( al-‘Aziz, al-Ghaffar,al-Basit,an-Nafi,ar-Ra’uf,al-Barr,al-Fattah,al- ‘Adl,al-Qayyum)

Materi pelajaran
Pengertian Asmaul Husna

Indikator soal

  • Peserta didik dapat menyebutkan arti dari nama-nama terbaik yang mencerminkan kebesaran  dan keagungan Allah
  • Disajikan Hadits  Rosulullah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim tentang Asmaul husna, peserta didik dapat menjelaskan  makna yang terkandung didalamnya
  • Peserta didik dapat menunjukan  dalil naqli yang menjelaskan tentang  perintah berdoa dengan Asmaul Husna
  • Disajikan berbagai macam sifat-sifat Allah, peserta didik dapat mengelompok sifat Allah yang termasuk Asmaul husna

Kompetensi Dasar
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah  yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (Al-Aziz, Al-Ghafur, Al-Basit, An-Nafi, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Fattah, Al-Adl, Al-Qayyum)

Materi Pelajaran
Memahami kebesaran Allah Swt. Melalui Asmaul Husna

Indikator

  • Peserta didik  dapat menyebutkan arti al- Qoyum
  • Peserta didik dapat menunjukan bukti bahwa Allah bersifat al-Adl
  • Peserta didik dapat  menunjukan salah satu sikap  dan perilaku manusia yang meneladani sifat al-Aziz
  • Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli  bahwa Allah bersifat al-Ghaffar
  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu Asmaul Husna Ynag artinya Maha Melapangkan Rizki
  • Diuraikan berbagai  bukti kebenaran bahwa Allah memiliki sifat-sifat Asmaul husna,Peserta didik dapat menunjukan bukti kebenaran tentang  sifat An-Nafi
  • Peserta didik dapat menujukan bukti bahwa Allah bersifat al-Fattah
  • Peserta didik dapat  menyebutkan arti ar-Rouf
  • Peserta didik dapat menunjukan dalila naqli tentang sifat Asmaul Husna  al-Barr
  • Disajikan Qs. ar-Ra’d ayat 26, Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung didalamnya
  • Peserta didik dapat menjelaskan 2 perilaku yang mencerminkan sifat al-Qoyum
  • Kompetensi Dasar
  • Mendiskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin,iblis dan setan
  • Materi Pelajaran
  • Pengertian, tugas-tugas dan sifat-sifat malaikat
  • Indikator
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat  
  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu makhluk ghaib yang diciptakan Allah dari Noor(cahaya)
  • Peserta didik dapat menyebutkan tugas malaikat Mikail
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama malaikat yang bertugas mencabut nyawa
  • Peserta didik dapat  menyebutkan tugas malaikat Munkar dan Nakir
  • Peserta didik  dapat menyebutkan salah satu  sifat yang di miliki malaikat
  • Disajikan Qs. az-Zariyat ayat 27,peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat yang dimiliki malaikat
  • Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat dalam al-Qur’an yang menjelaskan bahwa malaikat senantiasa bertasbih siag dsan malam tiada henti-hentinya


Kompetensi Dasar
Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk gaib lain selain malaikat

Materi Pelajaran
Pengertian,sifat dan prilaku Jin,Iblis dan Setan

Indikator

  • Peserta didik dapat menyebutkan arti setan menurut bahasa
  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu  makhluk ghaib yang ingkar kepada Allah dan pekerjaannya menggoda manusia
  • Disajikan sifat-sifat  makhluk ghaib, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat Jin
  • Disajikan Qs. az-Zariyat ayat 56, peserta didik dapat menjelaskan tugas pokok Jin diciptakan oleh Allah

Kompetensi Dasar
memahami akhlak tercela riya dan sum’ah

Materi Pelajaran
Pengertian akhlak tercela Riya dan Sum’ah

Indikator

  • Peserta didik  dapat menjelaskan pengertian akhlak mahmumah 
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Riya menurut istilah
  • Peserta didik dapat menunjukan contoh riya
  • Peserta didik dapat  menjelaskan pengertian sum’ah 
  • Peserta didik dapat menunjukan hadits rosul tentang larangan berbuat amal dengan riya 
  • Disajikan  dampak negatif dari akhlak tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif dari akhlak tercela riya
  • Peserta didik dapat menuliskan  kembali Qs. Al-Maun ayat 4-7, lengkap dengan syakalnya dan menterjemahkannya kedalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
  • Peserta didik dapat menyebutkan arti nifaq menurut bahasa

Download Kisi kisi lengkap ( Al quran hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, B.Arab, SKI, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Sni Budaya dan Prakaryadi sini


0 Response to "Kisi kisi Ujian Semester 2 SMP/MTs Kurikulum 2013"