Satuan Pendidikan : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/II
Materi : Hukum
bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Meyakini
pentingnya hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek
pilihan
1.2
Menyadari
pentingnya sikap tasamuh
1.3
Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah
dalam berdakwah
2.1 Memiliki sikap tasamuh sesuai
isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109),
Q.S. al-Bayyinah (98), dan
hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Terbiasa
menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek
pilihan
2.3
Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi
kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan
Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.1
Mempraktikkan
hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek
pilihan
C.
INDIKATOR
1.
Menyebutkan arti hukum bacaan Qalqalah
2.
Menjelaskan ciri-ciri hukum
bacaan Qalqalah
3.
Mendiskripsikan cara membunyikan
hukum bacaan Qalqalah
4.
Mengidentifikasi hukum
bacaan Qalqalah
5.
Menyimpulkan cara membaca
bacaan Qolqolah
6.
Mempraktekan bacaan Qolqolah
D.
TUJUAN
Setelah mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosi dan mnegkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu membaca, menjelaskan, mendeskripsikan, mengidentifikasi,
menyimpulkan dan mempraktekan bacaan qolqolah.
E.
MATERI POKOK
1.
Hukum bacaan Qalqalah
dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al-
Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
F.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Scientific
Method (Metode Ilmiah)
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Pendahuluan
1.
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.
Guru
memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Guru
mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya
5.
Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya
model direct
instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral system family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi
langsung; dikenal juga dengan
active
learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar
pendidik yang mengusung
isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi,
dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model
artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap
peserta didik)
·
Kegiatan
Inti
(Mengamati)
· Mengamati
penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah
· Menyimak
bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan qalqalah dengan baik dan benar
(Menanya)
· Dengan
dimotivasi oleh guru, peserta didik
mengajukan pertanyaan atau
pernyataan yang terkait dengan hukum bacaan qalqalah
· Secara
berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah
(Mengeksplorasi)
· Secara
kelompok menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan qalqalah, ketentuan
hukum bacaan qalqalah dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari
contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Al-Qur’an, khususnya Q.S.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
Mengasosiasi
· Mendiskusikan
dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang hukum bacaan qalqalah
· Mengidentifikasi
hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan
Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
· Menyusun
kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasi
· Mempresentasikan
hokum bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan
Surah lainnya dalam Al-Qur’an
· Menunjukkan
contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah,
dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
·
Penutup
1.
Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2.
Guru melakukan penilain atau refleksi terhadap yang sudah
dilaksanakan secara konsistem dan terprogram
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
4.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
5.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
MEDIA/ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar : Buku Paket
I.
PENILAIAN
1. Pengamatan
Sikap
a. Format Penilaian
Individu
No
|
Nama Siswa
|
Aktifitas
|
Skor
Skor
|
||||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Kepedulian dan Kesantunan
|
Inisiatif
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
b. Rubrik
Penilaian
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kerjasama
|
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang kerjasama dengan teman satu
kelompok
|
3
|
||
Mulai membudayakan
kerjasama dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
2
|
Keatifan
|
Belum memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang Keatifan
dengan teman satu kelompok
|
3
|
||
Mulai membudayakan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
3
|
Kepedulian dan kesantunan
|
Tidak mau menghargai
pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang
santun
|
1
|
Kurang dapat menghargai
pendapat orang lain dan kurang santun
|
2
|
||
Menghargai orang
lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
|
3
|
||
Menghargai orang
lain dan menanggapi pendapat dengan santun
|
4
|
||
4
|
Inisiatif
|
Belum memperlihatkan inisiatif
|
1
|
Mulai memperlihatkan inisiatif
|
2
|
||
Mulai
berkembang inisiatif
|
3
|
||
Mulai membudayakan inisiatif
|
4
|
|
2. Format Penilaian “kembangkan pikiranmu” (Berdiskusi – Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
b. Aspek
Penilaian
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Fashohah
|
Melafalkan ayat dengan sangat lancar
|
30
|
Melafalkan ayat dengan lancar
|
20
|
||
Melafalkan
beberapa ayat kurang lancar
|
10
|
||
2
|
Tajwid
|
Membaca ayat –ayat Al Quran sesuai dengan tajwid
|
30
|
Beberapa potongan ayat dibaca tidak sesuai dengan tajwid
|
20
|
||
Banyak
hukum bacaan tajwid yang tidak digunakan
|
10
|
||
3
|
Hafidz
|
Menghafalkan terjemahan ayat dengan sangat lancar
|
30
|
Menghafalkan terjemahan ayat dengan lancar
|
20
|
||
Menghafalkan
terjemahan ayat beberapa ayat kurang lancar
|
10
|
|
3. Format
Penilaian Berlatihlah
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
b. Aspek
dan rubrik penilaian kelompok:
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kedislipinan
|
Tepat waktu dalam penyerahan tugas
|
26-30
|
Terlambat dalam penyerahan tugas
|
10-25
|
||
2
|
Antusiasme
|
Sangat antusias mengerjakan tugas
|
26-30
|
Biasa saja dalam mengerjakan tugas
|
16-25
|
||
Enggan
dalam melaksanakan tugas
|
10-15
|
||
3
|
Kejelasan dan kerapihan hasil
tugas
|
Hasil tugas yang diserahkan sangat
rapi dan jelas
|
31-40
|
Hasil tugas yang diserahkan cukup dan
jelas
|
21-30
|
||
Hasil tugas yang diserahkan tidak
rapi dan asal-asalan
|
10-20
|
|
=
I.
REMEDIAL
Siswa
yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk
memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum
tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika
didapati banyak siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang
sesuai dengan indikator yang belum tercapai
oleh kebanyakan siswa
(remedial teaching)selanjutnya guru melakukan
penilaian kembali dengan
indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu atas kesepakataan antara siswa dan
guru.
J.
INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru
meminta siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya dengan
memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi
tentang nilai pengetahuan dan sikap
perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui,
Kepala Madrasah
(………………………..)
|
Depok, …………………2014
Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis
(………………………..)
|
1 Response to "RPP Quran Hadits Kelas VII Kurikulum 2013"
,pak minta perangkat pembelajaran al Qur'an Hadist kelas 7 Kurtilasnya yg lengkapnya ada engga ya?
Post a Comment