Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SatuanPendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Eksplanasi
Tema :
Peristiwa Alam
Subtema :
Tsunami
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A. Kompetensi Inti (KI )
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
Indikator:
b. menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di
lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
c. menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di
lingkungan sekolah dalam bentuk tulis
2.2 Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung
jawab dalam tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh
makna
Indikator:
a. menunjukkan perilaku percaya diri dalam pembelajaran teks
eksplanasi
b. menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam mempelajari teks
eksplanasi
3.1 Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator:
a.
Menentukan isi teks eksplanasi
b.
Menentukan struktur
teks eksplanasi
c.
Menentukan
ciri-ciri bahasa teks eksplanasi
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
a.
Menemukan kata-kata yang belum diketahui maknanya secara
tulis
b. Menemukan konjungsi yang terdapat dalam teks eksplanasi
secara tulis
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat membiasakan menggunakan
Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan sebagai sarana memahami informasi
lisan
2.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat membiasakan menggunakan
Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara tulis
sebagai sarana memahami informasi tulis
3.
Selama mengikuti kegiatan pembelajaran siswa
menunjukkan perilaku
jujur dalam pelajaran teks eksplanasi
4.
Selama mengikuti kegiatan pembelajaran siswa
menunjukkan perilaku tanggung
jawab dalam mempelajari teks eksplanasi
5.
Melalui model teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan
teman siswa dapat menentukan isi teks eksplanasi
6.
Melalui model teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan
teman siswa dapat menentukan struktur teks
eksplanasi
7.
Melalui contoh teks eksplanasi, setelah berdiskusi dengan
teman siswa dapat menentukan menentukan ciri- ciri teks
eksplanasi
8.
Setelah membaca teks eksplanasi, siswa dapat menemukan
kata yang belum diketahui maknanya
9.
Setelah membaca teks eksplanasi, siswa dapat menemukan konjungsi yang
terdapat dalam teks eksplanasi
D. Materi Pembelajaran
·
Isi teks
eksplanasi
·
Struktur teks
eksplanasi
·
Ciri-ciri teks
eksplanasi
·
Makna kata
·
Konjungsi
E. Metode Pembelajaran
Metode project based
learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
F. Media
1. Teks
Eksplanasi
2. Gambar
G. Sumber Belajar
1. Buku
Siswa
2. LKS
3. Internet
dan surat kabar
4. Teks
eksplanasi
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
1) Untuk menarik minat siswa, guru
bertanya tentang teks eksplanasi yang pernah dibaca siswa
2) Siswa menjawab
dengan jujur teks eksplanasi yang pernah dibaca dengan sikap jujur dan prilaku tanggung jawab,
3) Dengan santun dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan
dengan konteks pembelajaran
4) Siswa menyebutkan angka 1 sampai 5, lalu siswa bersatu membentuk kelompok kecil sesuai dengan
nomor yang sama yang di dapatkannya. Kemudian setiap kelompok beri nama judul teks eksplanasi yang pernah dibaca
5) Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa membaca contoh teks
eksplanasi “Tsunami” (buku siswa hlm. 113s.d 114)
6) Dengan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun
siswa secara berkelompok menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks eksplanasi (tugas 2 pada buku siswa hlm. 114 s.d 116)
7) Siswa
mendiskusikan isi teks
eksplanasi
8) Dengan sikap santun dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar siswa melaporkan hasil diskusinya.
9) Kelompok lain menanggapi dengan santun
c.
Kegiatan Penutup
1) Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2) Bersama guru, siswa
mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
memahami isi teks
eksplanasi.
3) Dengan sikap santun siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam memahami struktur teks eksplanasi
4) Dengan sikap santun siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru dalam memahami ciri –ciri teks eksplanasi
5) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon
salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi
dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
1) Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa menyimak penjelasan guru
mengenai struktur teks eksplanasi
2) Dengan sikap tanggung jawab siswa
berdiskusi menentukan struktur teks eksplanasi
3) Dengan sikap jujur dan tanggung jawaban, serta menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar, salah seorang perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya.
4) Kelompok lain menanggapi dengan santun .
5) Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa menyimak penjelasan guru
mengenai ciri-ciri
teks eksplanasi
6) Dengan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik, benar, serta santun, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri
teks eksplanasi.
7) Dengan
tanggung jawab, siswa berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri teks eksplanasi
8) Dengan sikap tanggung jawab, santun,
serta menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya.
9) Kelompok lain menanggapi dengan santun
c.
Kegiatan Penutup
1) Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Bersama guru, siswa
mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
memahami struktur teks eksplanasi
3) Bersama guru, siswa
mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
memahami ciri-ciri teks eksplanasi
4) Dengan sikap santun siswa
mendengarkan penguatan dari guru tentang struktur teks eksplanasi
5) Dengan sikap santun siswa
mendengarkan penguatan dari guru tentang ciri-ciri teks eksplanasi
6) Dengan sikap tanggung jawab dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Penilaian Proses
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
2.
|
Jujur
|
|||
3.
|
Tanggung jawab
|
|||
4.
|
Santun
|
c.
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Menentukan isi teks
eksplanasi
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Tentukan isi teks eksplanasi berdasarkan teks eksplanasi!
|
Menentukan struktur teks eksplanasi
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2.
Jelaskan struktur teks eksplanasi !
|
Menentukan ciri-ciri
teks eksplanasi
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
3. Jelaskan
ciri-ciri teks
eksplanasi!
|
Menemukan kata-kata dalam teks
eksplanasi yang belum diketahui maknanya
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
4. Temukan
kata-kata dalam teks
eksplanasi yang belum
kamu ketahui maknanya!
|
Menemukan konjungsi yang terdapat dalam teks
eksplanasi
|
Ter tertulis
|
Tes uraian
|
5. Temukan
konjungsi yang terdapat dalam teks
eksplanasi “Tsunami”!
|
d. Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menentukan isi Teks
eksplanasi
|
|
·
Jawaban
sempurna
|
5
|
·
Jawaban
kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no.2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menentukan
struktur Teks eksplanasi
|
|
·
Jawaban
sempurna
|
5
|
·
Jawaban
kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no. 3
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menentukan ciri-ciri Teks eksplanasi
|
|
·
Jawaban
sempurna
|
5
|
·
Jawaban
kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no. 4
Aspek
|
Skor
|
Siswa menemukan
kata yang belum diketahui maknanya
|
|
·
Jawaban
sempurna
|
5
|
·
Jawaban
kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no. 5
Aspek
|
Skor
|
Siswa menemukan
konjungsi dalam Teks
eksplanasi
|
|
·
Jawaban
sempurna
|
5
|
·
Jawaban
kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Lembar Pengamatan :
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : ....................................................................................................
Kelas/Semester :
....................................................................................................
Tahun Ajaran : ....................................................................................................
Waktu Pengamatan :
...................................................................................................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.
BT (belum tampak) jika sama
sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan
sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Mengetahui,
Depok,
Kepala
Guru
Mapel Bahasa Indonesia
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII K13"
Post a Comment