RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Percakapan (Paguneman)
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4
minggu X 2 JP X 40 menit)
A. Kompetensi Inti
7.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
7.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
7.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
7.4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
7.1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Sunda sebagai anugerah Tuhan yang
Maha Esa sebagai sarana komunikasi
melalui paguneman, wawaran, dan atau iklan layanan
masyarakat, pangalaman pribadi, aksara Sunda, kaulinan barudak, dongéng,
sajak, dan pupujian.
7.2.1
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menggunakan bahasa
Sunda untuk paguneman sehari-hari dan kaulinan
barudak.
7.3.1
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks paguneman tentang kehidupan sehari-hari sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
Indikator:
7.3.1.1
Mendeskripsikan isi percakapan.
7.3.1.2
Mengidentifikasi kaidah-kaidah teks
percakapan.
7.4.1 Menyusun dan
memperagakan paguneman tentang kegiatan
sehari-hari.
Indikator:
7.4.1.1
Menyusun teks percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
7.4.1.2
Memperagakan percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
7.4.1.3
Mengembangkan sikap menghargai dalam
berinteraksi secara efektif.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui
berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep,
menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta didik dapat:
1)
Menunjukkan
perilaku beriman;
2)
Peserta didik dapat menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun;
3)
Mendeskripsikan dan menjelaskan isi percakapan;
4)
Mengidentifikasi kaidah-kaidah teks
percakapan;
5)
Menyusun teks percakapan tentang
kegiatan sehari-hari; dan
6)
Memperagakan percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
1) Fakta
-
Beberapa contoh teks percakapan
tentang kegiatan sehari-hari
-
Contoh video rekaman percakapan
2) Konsep
-
Pengertian percakapan
-
Struktur teks percakapan
3) Prinsip
Isi teks percakapan
4) Prosedur
-
Karakteristik teks percakapan
-
Kaidah-kaidah teks percakapan
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :Scientific dan
Komunikatif
2.
Metode :Inquiry dan Discovery Learning
3.
Teknik : Diskusi, Tanya Jawab, Role
Play
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
-
Multimedia
-
Internet
2.
Alat/Bahan
-
Teks Percakapan
-
Media Cetak
-
Komputer
-
Perangkat Audio-Video (Speaker, Pemutar CD/DVD)
-
CD/DVD/Flashdisk
-
Proyektor
3.
Sumber Belajar
-
Buku Peserta didikBasa Sunda Kelas 7 (Disdik Provinsi Jawa
Barat, 2013)
-
Panitia Kamus LBSS. 1995. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Tarate
-
Sudaryat, Yayat. 2003. Ulikan Wacana Basa Sunda. Bandung: CV.
Geger Sunten
-
Majalah
-
Koran
-
Website
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ü Pertemuan Pertama (2 JP X 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
· Guru
membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran
peserta didik.
· Guru
memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat.
· Untuk
menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
· Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.
2. Kegiatan Inti (55 menit)
a)
Mengamati
· Peserta didik mengamati tayangan video rekaman percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
· Peserta didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari
yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa
Sunda.
b)
Mempertanyakan
· Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
percakapan tentang kegiatan sehari-hariyang
diamati melalui tayangan video rekaman
· Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
teks percakapantentang kegiatan sehari-hari.
c)
Mengeksplorasi
·
Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi tayangan percakapantentang
kegiatan sehari-hari.
·
Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks percakapantentang
kegiatan sehari-hari.
d)
Mengasosiasikan
·
Peserta didik secara individual
menyimpulkan isi percakapan tentang kegiatan
sehari-hariyang ditayangkan dalam video rekaman.
· Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dibacanya.
e)
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik mendeskripsikan hal-hal
yang berhubungan dengan isi percakpan tentang kegiatan sehari-hari yang diamati
dalam tayangan video rekaman percakapan, menggunakan bahasa Sunda yang baik
dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
·
Peserta didik mendeskripsikan hal-hal
yang berhubungan dengan isi teks percakapantentang kegiatan sehari-hari, menggunakan bahasa
Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang isi
percakapan.
· Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
· Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
· Guru
menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
ü Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
· Guru
membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran
peserta didik.
· Guru
memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat.
· Untuk
menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
· Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang
(anggotanya bisa sama atau berbeda dengan kelompok pada pertemuan pertama)
2. Kegiatan Inti (55 menit)
a)
Mengamati
Peserta
didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat dalam
buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
b)
Mempertanyakan
Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang
berhubungan dengan isi teks percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
c)
Mengeksplorasi
Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks percakapantentang
kegiatan sehari-hari.
d)
Mengasosiasikan
· Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dibacanya.
· Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks
percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang diamatinya.
e)
Mengomunikasikan
Peserta didik
mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan isi teks
percakapantentang kegiatan sehari-hari, menggunakan bahasa
Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang isi
percakapan.
· Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
· Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
· Guru
menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
ü Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
· Guru
membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran
peserta didik.
· Guru
memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat.
· Untuk
menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang (anggotanya bisa sama atau berbeda
dengan kelompok pada pertemuan kedua)
2. Kegiatan Inti (55 menit)
a)
Mengamati
Peserta
didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat dalam
buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
b)
Mempertanyakan
Peserta didik bertanya jawab tentang
kaidah-kaidah teks percakapan.
c)
Mengeksplorasi
·
Peserta didik secara
bersama-sama dalam kelompoknya mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah teks
percakapan.
·
Peserta didik mendiskusikan tentang
kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam suatu percakapan.
d)
Mengasosiasikan
· Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dibacanya.
· Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks
percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang diamatinya.
e)
Mengomunikasikan
Peserta didik
menjelaskan kaidah-kaidah dalam teks percakapan, menggunakan bahasa Sunda yang
baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang
kaidah-kaidah dalam teks percakapan.
· Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
· Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
· Guru
menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
ü Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
· Guru
membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran
peserta didik.
· Guru
memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat.
· Untuk
menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali
informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
· Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang
(anggotanya bisa sama atau berbeda dengan kelompok pada pertemuan kedua).
2. Kegiatan Inti (55
menit)
a)
Mengamati
· Peserta didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari
yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa
Sunda.
· Peserta didik mengamati peragaan percakapan tentang kegiatan
sehari-hari yang dilakukan peserta didik lainnya.
b)
Mempertanyakan
Peserta didik bertanya jawab tentang
kaidah-kaidah teks percakapan.
c)
Mengeksplorasi
Peserta didik mendiskusikan tentang
kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam suatu percakapan.
d)
Mengasosiasikan
Peserta didik secara berkelompok menyusun
teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
e)
Mengomunikasikan
· Peserta
didik memperagakan percakapan tentang kegiatan
sehari-hari yang disusun kelompoknya di depan kelas dengan tanggung
jawab.
· Peserta
didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan percakapan tentang
kegiatan sehari-harioleh peserta didik lain, menggunakan bahasa Sunda yang baik
dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang proses
peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
· Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
· Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
· Guru
menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan
bermanfaat bagi peserta didik.
H. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
a. Kompetensi Sikap:
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan:
Tes
Lisan
c. Kompetensi Keterampilan
Unjuk
Kerja
2. Bentuk
Instrumen dan Instrumen
a. Kompetensi Sikap:
Lembar Pengamatan
Sikap
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : VII/1
Tahun
Ajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan : .....................................
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
Keterangan:
1.
BT (belum tampak) jika sama sekali
tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan
sudah usaha ada yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.
MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK( membudaya) jika menunjukkkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
b. Kompetensi Pengetahuan:
Soal
Tes Lisan
1) Lamun dititénan tina
paguneman anu dilakukeun ku A jeung B, kira-kira naon hubungan antara A jeung B
téh?
2) Sebutan
kalimah-kalimah nu jadi konci dina éta paguneman!
3) Sebutan
bagian-bagian eusi éta pagunemam!
4) Naon anu hayang
ditepikeun ku A ka B téh?
5) Naon anu jadi jejer
paguneman antara A jeung B?
c. Kompetensi Keterampilan:
· Lembar
Penilaian Teks Paguneman (a)
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Isi
(1-5)
|
Organisasi
(1-5)
|
Diksi
(1-5)
|
Struktur
(1-5)
|
||
· Lembar
Penilaian Unjuk Kerja (b)
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Tampilan
(1-5)
|
Kesesuaian
(1-5)
|
Kelancaran
(1-5)
|
Kebahasaan
(1-5)
|
||
3. Pedoman
Penskoran
(1) Penilaian Pengetahuan (NP)
-
Skala skor: 1-5
-
Skor Maksimal = 5X5 = 25
-
Nilai Pengetahuan
(NP) = Skor Diperoleh/10
(2) Penilaian Ketarampilan (NK)
-
Skala skor: 1-5
-
Skor Maksimal
masing-masing(a) dan (b) = 5X4 = 20
-
Skor Diperoleh = (a)+(b)
-
Nilai Keterampilan
(NK) = Skor Diperoleh/10
(3) Nilai Total
NT =
|
NP+ NK
|
Depok, …………………2014
|
|
Mengetahui:
Kepala,
Komar Suparman, M.Pd.
NIP. 19610607 198403 1 007
|
Guru Mata Pelajaran
Bahasa dan Sastra Sunda,
Nila Karyani, S.Pd.
NIP. 19770510 200501 2 006
|
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Dan Sastra Sunda Kelas VII K13"
Post a Comment