Contoh RPP Bahasa Dan Sastra Sunda Kelas VII K13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN









Sekolah            :
Mata Pelajaran   : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester  : VII/1
Materi Pokok     : Percakapan (Paguneman)
Alokasi Waktu    : 8 Jam Pelajaran (4 minggu X 2 JP X 40 menit)

A. Kompetensi Inti
7.1  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
7.2  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
7.3  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
7.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
7.1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Sunda sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana  komunikasi melalui paguneman, wawaran, dan atau iklan layanan masyarakat, pangalaman pribadi, aksara Sunda, kaulinan barudak, dongéng, sajak, dan pupujian.
7.2.1 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menggunakan bahasa Sunda untuk  paguneman sehari-hari dan kaulinan barudak.
7.3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks paguneman tentang kehidupan sehari-hari  sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
Indikator:
7.3.1.1     Mendeskripsikan isi percakapan.
7.3.1.2     Mengidentifikasi kaidah-kaidah teks percakapan.
7.4.1  Menyusun dan memperagakan paguneman tentang kegiatan sehari-hari.
Indikator:
7.4.1.1     Menyusun teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
7.4.1.2     Memperagakan percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
7.4.1.3     Mengembangkan sikap menghargai dalam berinteraksi secara efektif.




C. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta didik dapat:
1)  Menunjukkan perilaku beriman;
2)  Peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun;
3)  Mendeskripsikan dan menjelaskan isi percakapan;
4)  Mengidentifikasi kaidah-kaidah teks percakapan;
5)  Menyusun teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari; dan
6)  Memperagakan percakapan tentang kegiatan sehari-hari.

D. Materi Pembelajaran
1)   Fakta
-    Beberapa contoh teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari
-    Contoh video rekaman percakapan
2)   Konsep
-    Pengertian percakapan
-    Struktur teks percakapan
3)   Prinsip
Isi teks percakapan
4)   Prosedur
-    Karakteristik teks percakapan
-    Kaidah-kaidah teks percakapan

E.  Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan   :Scientific dan Komunikatif
2.    Metode         :Inquiry dan Discovery Learning
3.    Teknik          : Diskusi, Tanya Jawab, Role Play

F.  Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.  Media
- Multimedia
- Internet
2.  Alat/Bahan
- Teks Percakapan
- Media Cetak
- Komputer
- Perangkat Audio-Video (Speaker, Pemutar CD/DVD)
- CD/DVD/Flashdisk
- Proyektor
3.  Sumber Belajar
- Buku Peserta didikBasa Sunda Kelas 7 (Disdik Provinsi Jawa Barat, 2013)
- Panitia Kamus LBSS. 1995. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Tarate
- Sudaryat, Yayat. 2003. Ulikan Wacana Basa Sunda. Bandung: CV. Geger Sunten
- Majalah
- Koran
- Website
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

ü Pertemuan Pertama (2 JP X 40 menit)
1.  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·      Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik.
·      Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat.
·      Untuk menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.

2.  Kegiatan Inti (55 menit)
a)    Mengamati
·      Peserta didik mengamati tayangan video rekaman percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
·      Peserta didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
b)    Mempertanyakan
·      Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi percakapan tentang kegiatan sehari-hariyang diamati melalui tayangan video rekaman
·      Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks percakapantentang kegiatan sehari-hari.
c)     Mengeksplorasi
·      Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi tayangan percakapantentang kegiatan sehari-hari.
·      Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks percakapantentang kegiatan sehari-hari.
d)    Mengasosiasikan
·      Peserta didik secara individual menyimpulkan isi percakapan tentang kegiatan sehari-hariyang ditayangkan dalam video rekaman.
·      Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dibacanya.
e)    Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan isi percakpan tentang kegiatan sehari-hari yang diamati dalam tayangan video rekaman percakapan, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
·      Peserta didik mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan isi teks percakapantentang kegiatan sehari-hari, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.



3.  Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang isi percakapan.
·      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·      Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

ü Pertemuan Kedua

1.  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·      Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik.
·      Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat.
·      Untuk menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang (anggotanya bisa sama atau berbeda dengan kelompok pada pertemuan pertama)

2.  Kegiatan Inti (55 menit)
a)    Mengamati
Peserta didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
b)    Mempertanyakan
Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
c)     Mengeksplorasi
Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks percakapantentang kegiatan sehari-hari.
d)    Mengasosiasikan
·      Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dibacanya.
·      Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang diamatinya.
e)    Mengomunikasikan
Peserta didik mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan isi teks percakapantentang kegiatan sehari-hari, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.

3.  Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang isi percakapan.
·      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·      Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

ü Pertemuan Ketiga

1.  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·      Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik.
·      Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat.
·      Untuk menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang (anggotanya bisa sama atau berbeda dengan kelompok pada pertemuan kedua)

2.  Kegiatan Inti (55 menit)
a)    Mengamati
Peserta didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
b)    Mempertanyakan
Peserta didik bertanya jawab tentang kaidah-kaidah teks percakapan.
c)     Mengeksplorasi
·      Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah teks percakapan.
·      Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam suatu percakapan.
d)    Mengasosiasikan
·      Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dibacanya.
·      Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang diamatinya.
e)    Mengomunikasikan
Peserta didik menjelaskan kaidah-kaidah dalam teks percakapan, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.

3.  Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang kaidah-kaidah dalam teks percakapan.
·      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·      Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

ü Pertemuan Keempat

1.  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·      Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik.
·      Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat.
·      Untuk menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang (anggotanya bisa sama atau berbeda dengan kelompok pada pertemuan kedua).

2.  Kegiatan Inti (55 menit)
a)    Mengamati
·      Peserta didik membaca teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat dalam buku peserta didik dan atau majalah/surat kabar berbahasa Sunda.
·      Peserta didik mengamati peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan peserta didik lainnya.

b)    Mempertanyakan
Peserta didik bertanya jawab tentang kaidah-kaidah teks percakapan.
c)     Mengeksplorasi
Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam suatu percakapan.

d)    Mengasosiasikan
Peserta didik secara berkelompok menyusun teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.

e)    Mengomunikasikan
·      Peserta didik memperagakan percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang disusun kelompoknya di depan kelas dengan tanggung jawab.
·      Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-harioleh peserta didik lain, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.


3.  Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang proses peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
·      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·      Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.

H. Penilaian
1.  Jenis/teknik penilaian
a.  Kompetensi Sikap:
Observasi
b.  Kompetensi Pengetahuan:
Tes Lisan
c.  Kompetensi Keterampilan
Unjuk Kerja
2.  Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.  Kompetensi Sikap:


Lembar Pengamatan Sikap

Mata Pelajaran            : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester            : VII/1
Tahun Ajaran              : 2014/2015
Waktu Pengamatan      : .....................................

No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK



























































































Keterangan:
1.  BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.  MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah usaha ada yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.  MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.  MK( membudaya) jika menunjukkkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

b.  Kompetensi Pengetahuan:
Soal Tes Lisan
1)  Lamun dititénan tina paguneman anu dilakukeun ku A jeung B, kira-kira naon hubungan antara A jeung B téh?
2)  Sebutan kalimah-kalimah nu jadi konci dina éta paguneman!
3)  Sebutan bagian-bagian eusi éta pagunemam!
4)  Naon anu hayang ditepikeun ku A ka B téh?
5)  Naon anu jadi jejer paguneman antara A jeung B?

c.  Kompetensi Keterampilan:
·      Lembar Penilaian Teks Paguneman (a)
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Isi
(1-5)
Organisasi
(1-5)
Diksi
(1-5)
Struktur
(1-5)







·      Lembar Penilaian Unjuk Kerja (b)
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Tampilan
(1-5)
Kesesuaian
(1-5)
Kelancaran
(1-5)
Kebahasaan
(1-5)







3.  Pedoman Penskoran
(1)   Penilaian Pengetahuan (NP)
-    Skala skor: 1-5
-    Skor Maksimal = 5X5 = 25
-    Nilai Pengetahuan (NP) = Skor Diperoleh/10
(2)   Penilaian Ketarampilan (NK)
-    Skala skor: 1-5
-    Skor Maksimal masing-masing(a) dan (b) = 5X4 = 20
-    Skor Diperoleh = (a)+(b)
-    Nilai Keterampilan (NK) = Skor Diperoleh/10
(3)   Nilai Total
NT =
NP+ NK





Depok, …………………2014
Mengetahui:
Kepala,




Komar Suparman, M.Pd.
NIP. 19610607 198403 1 007
Guru Mata Pelajaran
Bahasa dan Sastra Sunda,




Nila Karyani, S.Pd.
NIP. 19770510 200501 2 006

0 Response to "Contoh RPP Bahasa Dan Sastra Sunda Kelas VII K13"