RENCANA PEMBELAJARAN AL QURAN
HADITS
Satuan Pendidikan : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/I
Materi : Kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
umat manusia
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A. A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Meyakini al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup
1.2 Memiliki
perilaku mencintai al-Quran dan Hadis dalam kehidupan
1.3 Memahami
kedudukan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
C.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan pengertian dan fungsi Al Quran
2.
Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadis
3.
Membedakan fungsi Al Quran dan Hadis
4.
Menjelaskan cara memfungsikan Al Quran dan Hadis
5.
Menjelaskan Prilaku orang yang mencintai Al Quran dan Hadis
D.
TUJUAN
Setelah mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosi dan mnegkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan fungsi Hadis, Membedakan fungsi
Al Quran dan Hadis, Menjelaskan cara memfungsikan Al Quran dan Hadis, Menjelaskan
Prilaku orang yang mencintai Al Quran dan Hadis
E.
MATERI POKOK
1.
Pengertian Al Quran dan Hadis
2.
Cara memfungsikan Al Quran dan Hadis
3.
Cara mencintai Al Quran dan Hadis
4.
Ciri-ciri Prilaku
orang yang mencintai Al Quran dan Hadis
E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Scientific
Method (Metode Ilmiah)
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
· Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
2. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
gambar atau menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya
5.
Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya
model direct
instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral system family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi
langsung; dikenal juga dengan
active
learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar
pendidik yang mengusung
isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi,
dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model
artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap
peserta didik)
·
Kegiatan
Inti
(Mengamati)
Mengamati
gambar, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait
dengan kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis
Menanya
Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan kedudukan Al-Qur’an
dan hadis.
Mengexplorasi
Secara
berkelompok mencari informasi yang
terkait dengan pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup dari berbagai sumber; buku
literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan
dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan
hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup.
·
Secara
berkelompok melakukan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang
pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan
Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
·
Menyusun kesimpulan
kandungan ayat dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis,
fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
Memberikan
tanggapan papararan hasil pencarian
informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an,
dan hadis sebagai pedoman hidup umat
manusia..
·
Penutup
1.
Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2.
Guru melakukan penilain atau refleksi terhadap yang sudah
dilaksanakan secara konsistem dan terprogram
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
4.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
5.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.
MEDIA/ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar : Buku Paket
H.
PENILAIAN
1.
Pengamatan Sikap
a. Format Penilaian Individu
A. Kerjasama
B. Keaktifan
C. Kepedulian dan Kesantunan
D. Inisiatif
A. Kerjasama
B. Keaktifan
C. Kepedulian dan Kesantunan
D. Inisiatif
b. Rubrik Penilaian
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kerjasama
|
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang kerjasama dengan teman satu
kelompok
|
3
|
||
Mulai membudayakan
kerjasama dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
2
|
Keatifan
|
Belum memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang Keatifan dengan
teman satu kelompok
|
3
|
||
Mulai membudayakan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
3
|
Kepedulian dan kesantunan
|
Tidak mau menghargai
pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang
santun
|
1
|
Kurang dapat menghargai
pendapat orang lain dan kurang santun
|
2
|
||
Menghargai orang
lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
|
3
|
||
Menghargai orang
lain dan menanggapi pendapat dengan santun
|
4
|
||
4
|
Inisiatif
|
Belum memperlihatkan inisiatif
|
1
|
Mulai memperlihatkan inisiatif
|
2
|
||
Mulai
berkembang inisiatif
|
3
|
||
Mulai membudayakan inisiatif
|
4
|
NIlai Akhir = Jumlah skor
perolehan x 100
Jumlah skor maksimum
|
=
2. Format Penilaian “kembangkan pikiranmu” (Berdiskusi –
Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
b. Aspek
Penilaian
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kedalaman informasi
|
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan
sempurna
|
30
|
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang
sempurna
|
20
|
||
Memberikan
kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap
|
10
|
||
2
|
Keatifan dalam diskusi
|
Berperan sangat aktif
|
30
|
Berperan Aktif
|
20
|
||
Kurang
aktif
|
10
|
||
3
|
Kejelasan dan kerapihan hasil
presentasi
|
Mempresentasikan dengan sangat jelas dan
rapi
|
40
|
Mempresentasikan dengan jelas dan rapi
|
30
|
||
Mempresentasikan dengan jelas dan tidak
rapi
|
20
|
||
Mempresentasikan dengan kurang jelas dan
tidak rapi
|
10
|
NIlai Akhir = Jumlah skor
perolehan x 100
Jumlah skor maksimum
|
3. Format Penilaian Berlatihlah
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
b. Aspek dan
rubrik penilaian kelompok:
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kedislipinan
|
Tepat waktu dalam penyerahan tugas
|
26-30
|
Terlambat dalam penyerahan tugas
|
10-25
|
||
2
|
Antusiasme
|
Sangat antusias mengerjakan tugas
|
26-30
|
Biasa saja dalam mengerjakan tugas
|
16-25
|
||
Enggan
dalam melaksanakan tugas
|
10-15
|
||
3
|
Kejelasan dan kerapihan hasil
tugas
|
Hasil tugas yang diserahkan sangat rapi
dan jelas
|
31-40
|
Hasil tugas yang diserahkan cukup dan
jelas
|
21-30
|
||
Hasil tugas yang diserahkan tidak rapi
dan asal-asalan
|
10-20
|
NIlai Akhir = Jumlah skor
perolehan x 100
Jumlah skor maksimum
|
=
I.
REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk
memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum
tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika
didapati banyak siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang
sesuai dengan indikator yang belum tercapai
oleh kebanyakan siswa
(remedial teaching)selanjutnya guru melakukan
penilaian kembali dengan
indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu atas kesepakataan antara siswa dan
guru.
J. INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta
siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya dengan
memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi
tentang nilai pengetahuan dan sikap
perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui,
Kepala Madrasah
(………………………..)
|
Depok, …………………2014
Guru Mata Pelajaran Qurdis
(………………………..)
|
0 Response to "Contoh RPP Al Quran Hadits K13"
Post a Comment