Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Konseling



Contoh Satuan Layanan Bimbingan

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai  bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah.Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling  berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir peserta didik, serta kegiatan ekstra kurikuler. 

    Kegiatan pengembangan diri difasilitasi/dilaksanakan oleh konselor, dan kegiatan ekstra kurikuler dapat diselenggarakan oleh konselor, guru dan atau tenaga kependidikan lain sesuai dengan kemampuan dan kewenangannya. Pengembangan diri yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler dapat megembangkan kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik

1.            Materi Layanan                  
Pemahaman Diri
2.            Sub materi Layanan                  
Cara Belajar Efektif
3.            Jenis Layanan                   
Layanan Bimbingan Kelompok
4.            Fungsi Layanan                         
Pemahaman dan Pencegahan
5.            Bidang Bimbingan                     
Bimbingan Belajar
6.            Tugas Perkembangan              
Mengembangkan pengetahuan dan keteram- pilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat.
7.            Sasaran Layanan              
Siswa Kelas I (A,B,C)
8.            Semester/Waktu                   
Ganjil / 2 x pertemuan
9.            Uraian Kegiatan
            Pertemuan I                                
Sikap, Kebiasaan dan keterampilan belajar secara optimal untuk menguasai program-program di SMP
            Pertemuan II                                
            Praktik Pengembangan keterampilan belajar secara  optimal.
10.         Pengalaman bimbingan  
Pendekatan CTL                                       
           Pertemuan I                         
          Melalui penjelasan guru dengan menggunakan  LCD, dan sfware Power point siswa mengetahui, mengerti, teknik belajar efektif..
Melalui diskusi siswa memahami teknik belajar efektif sesuai dengan program SMP.
                                         
            Pertemuan II                        
          Melalui diskusi siswa menyadari bahwa kebiasan belajar sangat menentukan dalam keberhasilan belajar itu sendiri
Berdasarkan penjelasan guru, hasil diskusi, serta  pengalaman pribadi siswa dapat menentukan gaya belajar sesuai dengan kondisi pribadi masing-masing.

11.         Nilai-nilai yang harus dibangun/dikembangkan/dibiasakan:
A.       Memiliki Motivasi belajar yang tinggi
ü   Memiliki kebiasaan dan keterampilan belajar di dalam dan diluar kelas.
ü   Dapat Belajar Mandiri dan Kelompok
ü   Peduli terhadap Kesiapan Tugas yang dibebankan
B.       Pengembangan Diri:
ü   Memggunakan alat bantu dan sumber belajar (Nedia Cetak, elektronik)
ü   Gemar Menulis (karya Tulis)
ü   Dapat Membaca Cepat dan Tepat
ü   Gemar Membaca

12.         Sumber belajar                           
Laptop, LCD, Software Power Point
13.         Metode                                 
Ceramah bervariasi, Diskusi, Problem    Solving, dan  Pemberian Tugas
14.         Tempat                                          
Ruang Keterampilan
15.         Penyelenggara                           
Guru Pembimbing
16.         Pihak yang diikutkan                
PKS Kurikulum, Petugas Perpustakaan
17.       Penilaian                              
a.      Unsur yang dinilai     
§  Pemahaman materi
§  Perasaan yang dialami setelah pelayanan selesai
§  Rencana mempraktekkan jadwal belar,
§  Komitmen budaya membaca dan menulis
b.      Teknik penilaian        
§  Pos Tes (lisan dan Tulisan)
§  Pengamatan (Observasi)
c.      Media penilaian         
§  Ruang kelas
§  Kerjasama dengan wali kelas, Guru Mata Pelajaran, Petugas Perpustakaan, Orang Tua
18.       Tindak lanjut                                  
§  Mengembangkan diri baik fisis maupun psikis melalui berbagai kegiatan pembiasaan belajar efektif.        
§  Konseling  bagi siswa yang belum mampu Merubah kebiasaan belajar buruk    
19.       Catatan khusus     
            (Hal-hal yang sangat penting terjadi selama proses kegiatan berlangsung untuk menjadi perhatian berikutnya)


Bagi yang memerlukan file RPP (satuan layanan lengkap) tuliskan e mail di kolom komentar

0 Response to "Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Konseling"