Kisi-kisi
Level
Kognitif
Pengetahuan
dan pemahaman
·
Mengidentifikasi
·
Menentukan
·
Memaknai
Aplikasi
·
Menunjukkan bukti
·
Menyimpulkan
·
Menemukan ide
·
Menginterprestasikan
·
Menggunakan
·
Menyusun
Penalaran
·
Mengevaluasi
·
Membandingkan
·
Menanggapi
·
Merefleksi
Membaca
Nonsastra
Siswa
mampu
·
menentukan makna kata/kalimat pada teks
·
menentukan informasi tersurat teks
·
menentukan bagian teks
Siswa
mampu
·
menentukan ide pokok teks
·
menyimpulkan isi teks
·
menyimpulkan pendapat (pro/kontra)
·
meringkas isi teks
Siswa
mampu
·
membandingkan penggunaan bahasa
dan pola penyajian beberapa jenis teks
·
mengomentari isi, pola pengembangan bahasa
Membaca
Sastra
Siswa
mampu
·
menentukan makna kata dalam
cerpen.dan fabel
·
menentukan makna tersurat
dalam cerpen fabel
·
menentukan bagian cerpen dan fabel
Siswa
mampu
·
menyimpulkan makna simbool dalam cerpen dan febel
·
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen dan febel
·
menyimpulkan sebab/akibat
konflik
Siswa
mampu
·
membandingkan pola pengembangan
cerpen dan fabel
·
membandingkan bahasa cerpen
dan fabel
·
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Menulis
Terbatas
Siswa
mampu
melengkapi
teks dengan kata atau kalimat
Siswa
mampu
·
menyusun urutan kalimat
berbagai jenis teks
·
melengkapi kata, kalimat,
paragraf
Siswa
mampu
·
mengubah teks ke dalam bentuk lain
·
menulis teks singkat sesuai dengan konteks
Menyunting
kata, kalimat dan paragraf
Siswa
mampu
·
menunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf
Siswa mampu
·
menggunakan istilah dalam
kalimat
·
menggunakan kata bentukan
(mengisi sesuai kaidah bentukan
kata)
Siswa
mampu
·
memperbaiki kesalahan penggunaan kata,,kalimat, dan ketidakpaduan
paragraf
·
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
Menyunting
Ejaan dan tanda baca
Siswa
mampu
·
menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
Siswa
mampu
·
menggunakan ejaan
·
menggunakan tanda baca
Siswa
mampu
·
memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·
menentukan alasan kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca
- Disajikan teks sederhana siswa mampu menentukan simpulan isi teks tersebut.
- Siswa mampu menentukan pendapat yang mengontra isi isi teks tersebut.
- Disajikan sebuah puisi singkat siswa dapat menentukan kata yang bermakna simbool pada puisi tersebut.
- Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan kesimpulan isi yang tersurat dalam cerpen tersebut.
- Siswa dapat menentukan watak tokoh dalam kutipan cerpen tersebut.
- Siswa dapat menentukan sebab atau akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut.
- Disajikan kutipan cerpen dan novel, siswa mampu menentukan pola pengembangan cerita pada kedua kutipan tersebut.
- Disajikan kalimat acak , siswa dapat menentukan urutan kalimat tersebut menjadi teks atau paragraf utuh.
- Disajikan sebuah kalimat salah satu katanya dirumpangkan, siswa mampu melengkapi kalimat tersebut dengan kata yang tepat.
- Siswa dapat menentukan alasan kesalahan kata pada kalimat tersebut
- Disajikan sebuah kalimat salah, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut yang paling tepat.
- Siswa dapat menentukan alasan yang tepat kesalahan pada kalimat tersebut.
- Siswa dapat menentukan penggunaan tanda baca yang tepat pada sebuah kalimat
- Disajikan sebuah kalimat yang mengandung kesalahan ejaan, siswa dapat menentukan perbaikan kesalahaan ejaan tersebut.
- Siswa dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan tersebut.
0 Response to "Bedah Kisi-Kisi UN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2016"
Post a Comment