RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP 7.5
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester :
VII/II
Materi
Pokok : Dongeng
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran (1Jp x 40 menit)
A. Kompetensi Inti
7.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
7.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
7.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
7.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
7.1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Sunda sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana
komunikasi melalui paguneman, wawaran dan atau iklan layanan
masyarakat, pangalaman pribadi, aksara Sunda, kaulinan barudak, dongéng,
sajak, dan pupujian.
7.2.1 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan percaya diri
dalam menyajikan sebuah dongeng.
7.3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis unsur-unsur
dongeng yang beraedar di sekitar lingkungan
Indikator:
7.3.1.1
Mencari
jenis-jenis dongeng
7.3.1.2
Mengidentifikasi
unsur-unsur dongeng
7.4.1 Mencari, memilah dan membawakan dongeng di hadapan
teman-temananya dengan baik
Indikator:
7.4.1.1
Mencari
contoh-contoh dongeng
7.4.1.2
Memilah
dongeng-dongeng menurut jenisnya
7.4.1.3
Mengembangkan
kreativitas yang dimiliki dalam membawakan dongeng
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses menggali
informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan
konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta didik
dapat:
1)
menunjukkan
perilaku beriman;
2)
Peserta didik
dapat menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab dan percaya diri;
3)
Mencari
jenis-jenis dongeng
4)
Mengidentifikasi
unsur-unsur dongeng
5)
Mencari
contoh-contoh dongeng
6)
Memilah
dongeng-dongeng menurut jenisnya
7)
Mengembangkan
kreativitas yang dimiliki dalam membawakan dongeng
D. Materi
Pembelajaran
1.Fakta
-
Beberapa contoh
dongeng
-
Contoh vidio
mendongeng yang baik
2 2. Konsep
-
Pengertian dongeng
-
Jenis-jenis
dongeng
-
Unsur-unsur
dongeng
3 3. Prinsip
Penjiwaan dalam mendongeng
4 4. Prosedur
-
Membaca dongeng
-
Menyimak
dongeng
-
Memdongeng
E. Metode
Pembelajaran
1 Pendekatan :Scientific
dan Komunikatif
2 Metode :Inquiry
dan Discovery Learning
3 Teknik : Diskusi dan Role Play
F. Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media
-
Multimedia
-
Internet
2.
Alat/Bahan
-
Text dongeng
-
Media Cetak
-
Laptop
-
Perangkat
Audio-Video (Speaker, Pemutar CD/DVD)
-
CD/DVD/Flashdisk
-
Proyektor
3.
Sumber Belajar
-
Buku Peserta
didikBasa Sunda Kelas 7 (Disdik
Provinsi Jawa Barat, 2013)
-
Panitia Kamus
LBSS. 1995. Kamus Umum Basa Sunda.
Bandung: Tarate
-
Sudaryat,
Yayat. 2003. Ulikan Wacana Basa Sunda.
Bandung: CV. Geger Sunten
-
Majalah
-
Koran
-
Website
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
ĂĽ Pertemuan
Pertama (2 JP X 40 menit)
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
· Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian
mengecek kehadiran peserta didik.
· Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran
yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat.
· Untuk menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan
apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan
sebelumnya.
· Guru menanyakan tugas menggu lalu (membawa contoh dongeng dari
berbagai sumber)
2. Kegiatan
Inti (55 menit)
a)
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh dongeng yang dibawa
· Peserta didik mengamati tayangan video mendongeng yang
baik
· Peserta didik mengamati contoh mendongeng dari gurunya
atau dari teman sekelas.
b) Mempertanyakan
· Peserta didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan unsur dan jenis dongeng
· Peserta didik bertanya jawab tentang
cara mendongeng yang baik
c)
Mengeksplorasi
·
Masing-masing peserta didik mengidentifikasi
jenis-jenis dongeng
·
Masing-masing peserta didik mengidentifikasi
isi dongeng.
d) Mengasosiasikan
·
Peserta didik
menyimpulkan unsur dan jenis dongeng dari contoh-contoh dongeng yang dibawa
masing-masing Peserta didik
·
Peserta didik
secara individual menyimpulkan cara mendongeng yang baik berdasarkan tayangkan
dalam video rekaman yang telah ditampilkan.
e)
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik
mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan dongeng yang diamatinya pada
teks dongeng yang dibawa dan tayangan
video rekaman mendongeng, dengan menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur,
tanggung jawab dan .
·
Peserta didik
mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan isi teks percakapantentang
kegiatan sehari-hari, menggunakan bahasa Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab
dan santun.
3. Kegiatan
Penutup (10 menit)
· Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan
kelas tentang isi percakapan.
· Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang
telah dilakukan.
· Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
· Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang
telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
ĂĽ Pertemuan Kedua
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
· Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian
mengecek kehadiran peserta didik.
· Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran
yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat.
· Untuk menggali konsepsi awal peserta didik, guru melakukan
apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan
sebelumnya.
· Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan
4-5 orang
2. Kegiatan Inti
(55 menit)
a)
Mengamati
Peserta didik membaca teks dongeng
b) Mempertanyakan
Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal cara mendongeng yang baik
c)
Mengeksplorasi
Masing-masing peserta didik
mengidentifikasi contoh-contoh penyajian dongeng
d) Mengasosiasikan
· Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan inti dari cara mendongeng yang baik
e)
Mengomunikasikan
Peserta
didik mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan cara mendongeng yang baik
3. Kegiatan
Penutup (10 menit)
· Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan
kelas tentang dongeng dengan semua aspeknya.g
· Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang
telah dilakukan.
· Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
· Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang
telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
H. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
a. Kompetensi
Sikap:
Observasi
b. Kompetensi
Pengetahuan:
Tes Lisan
c. Kompetensi
Keterampilan:
Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. Kompetensi
Sikap:
Lembar
Pengamatan Sikap
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Waktu Pengamatan :.....................................
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggungjawab
|
Percaya diri
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
BT (belum
tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas.
2.
MT (mulai
tampak) jika menunjukkan sudah usaha ada yang sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.
MB (mulai
berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK( membudaya)
jika menunjukkkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus menerus dan ajeg/konsisten.
b. Kompetensi
Pengetahuan:
Soal Tes Lisan
1) Lamun
dititénan, dongeng teh aya
sabaraha rupa?
2) Sebutaan eta
rupa-rupa dongeng teh hiji-hiji!
3) Aya sabaraha hiji unsur-unsur
dongeng teh?
4) Cing sebutkeun tema tina dongeng anu
ku hidep dipilih!
5) Naon
anu ngabedakeun antara carita dongeng
jeung carita anu lain dongeng?
c. Kompetensi
Keterampilan:
· Lembar Penilaian observasi dongeng (a)
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Isi
(1-5)
|
Organisasi
(1-5)
|
Diksi
(1-5)
|
Struktur
(1-5)
|
||
|
|
|
|
|
|
· Lembar Penilaian Unjuk Kerja (b)
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Tampilan
(1-5)
|
Kesesuaian
(1-5)
|
Kelancaran
(1-5)
|
Kebahasaan
(1-5)
|
||
|
|
|
|
|
|
3. Pedoman Penskoran
(1) Penilaian Pengetahuan (NP)
-
Skala skor: 1-5
-
Skor Maksimal = 5X5 = 25
-
Nilai Pengetahuan (NP) = Skor Diperoleh/10
(2) Penilaian Ketarampilan
(NK)
-
Skala skor: 1-5
-
Skor Maksimal
masing-masing(a) dan (b) = 5X4 = 20
-
Skor Diperoleh
= (a)+(b)
-
Nilai Keterampilan (NK) = Skor Diperoleh/10
(3) Nilai Total
NT =
|
NP+ NK
|
|
Depok, …………………2016
|
|
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Sunda Kelas VII/II Kurikulum 2013"
Post a Comment