RPP Fiqih Kelas VII Semester II Kurikulum 2013


RENCANA PEMBELAJARAN BAHASA  ARAB
Satuan Pendidikan          : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran                 : Fiqih
Kelas/Semester                : VII/I
Materi                              : Ketentuan Shala Jumat
Alokasi Waktu                 : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar (KD)

1.1.   Meyakini kewajiban melaksanakan salat Jum’at
2.1.    Menghayati nilai-nilai positif dalam shalat  Jum’at
3.1.    Memahami ketentuan salat dan khutbah Jum’at
3.2     Menganalisis ketentuan khutbah Jum’at
4.1.    mempraktikkan salat Jum’at
4.2.    Mendemonstrasikan khutbah jum’at


C. Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
1.    Menyebutkan pengertian shalat dan dalilnya
2.    Menjelaskan hukum dasar shalat Jumat
3.    Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jumat.
4.    Menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jumat
5.     Menjelaskan adab ketika khutbah sedang berlangsung
6.    Menjelaskan  rukun khutbah
7.    Menjelaskan syarat khutbah jum’at
8.    Menjelaskan sunnah khutbah jum’at
9.     Melaksanakan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah  al-Jumu’ah /62: 9.
10. Memperagakan khutbah jum’at
Melalui pendekatan saintifik dengan metode diskusi, siswa dapat:
1)    Merumuskan arti shalat Jum’at dan dalilnya
2)    Mengemukakan hukum dasar shalat jum’at
3)    Menyebutkan syarat mendirikan shalat jum’at
4)    Menyebutkan perbuatan sunnah dalam shalat jum’at
5)    Menyebutkan adab ketika khutbah sedang berlangsung
6)     Menyebutkan rukun-rukun khutbah jum’at
7)     Menunjukkan syarat-syarat khatib jum’at
8)     Menyebutkan sunnah khutbsh jum’at
9)     memperagakan tata cara melaksanakan shalat jum’at



D. Materi Pelajaran

    1. Shalat  jum`at  adalah  shalat  yang  wajib  dikerjakan  pada  waktu  zuhur  di  hari  jum`at yang          diawali dengan 2 (dua) khutbah jum`at. 
     2. Melaksanakan  shalat  jum`at  hukumnya  wajib  bagi  setiap  Muslim  kecuali  4  golongan, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang sakit
    3. Syarat Wajib Shalat Jum`at: Islam, Baligh, Berakal, Laki-laki, Merdeka, Muslim, dan Tidak ada halangan 
    4. Syarat Syah Shalat Jum`at: Diselenggarakan di masjid daerah pemukiman (tidak boleh di sawah, lapangan dll), dilaksanakan pada waktu dhuhur, dikerjakan dengan berjamaah, dan dikerjakan setelah dua khutbah   
     5. Rukun Khutbah Jum`at: Mengucapkan pujian kepada Allah SWT pada khutbah pertama dan kedua, mengucapkan dua kalimah syahadat pada khutbah pertama dan kedua, membaca shalawat kepada nabi pada khutbah pertama dan kedua, berwasiat/memberi  nasehat kepada jama`ah untuk bertaqwa kepada  allah pada khutbah pertama dan kedua, membaca ayat al-qur`an pada pada salah satu khutbah, dan berdoa untuk kaum muslimin/muslimat pada khutbah kedua. 
    6. Sunnah Shalat Shalat Jum`at: Mandi jum`at, memotong kuku dan kumis,  berpakaian bersih dan putih, memakai wangi-wangian, dan menyegerakan ke masjid. 
    7. Adab ketika Khutbah Sedang Berlangsung adalah: Jamaah tenang mendengarkan khutbah dan duduk menghadap ke arah kiblat, Jamaah    tidak  berbicara  selama  khutbah  berlangsung.  Jamaah  yang  berbicara saat khutbah  berlangsung dapat merusak ibadahnya sendiri dan juga memperoleh dosa karena mengganggu jamaah lain yang hendak mendengarkan  khutbah. Jamaah  berdoa  atau  membaca  istigfar  saat  khatib  duduk  di  antara  dua  khutbah


E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)    Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)    Guru  memotivasi  peserta  didik  dengan  kegiatan  yang  ringan,  seperti  cerita motivasi.
4)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)    Guru  mengajukan  pertanyaan  secara  komunikatif  materi  sebelumnya  dan mengaitkan materi ketentuan Jumat.
6)    Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)    Metode yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting  artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud  saling   mengoreksi  pemahaman  mereka  atas  pelajaran/materi  yang diterimanya  agar  masing-masing  memperoleh  pemahaman  yang  benar  yang dikolaborasi dengan metode demontrasi


2. Kegiatan Inti
1)        Guru meminta peserta didik untuk mengamati ilustrasi (kolom mengamati ilustrasi), yang terdiri terdiri 3 gambar.
2)        Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut dengan bimbingan guru
3)        Peserta didik mengemukakan pertanyaan terkait ilustrasi yang diamati
4)        Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi ilustrasi/gambar tersebut. Yaitu Gambar 1 tentang pelaksanaan shalat jum’at di masjid, gambar 2 tentang khatib yang sedang khutbah, gambar 3 tentang ilustrasi keutamaan hari jum’at
5)           Peserta didik mencari informasi terkait materi ketentuan shalat jum’at melalui bacaan dalam buku siswa ataupun sumber lainnya untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang dikemukakan sebelumnya
6)           Peserta didik dibagi  menjadi  4-5 siswa per kelompok, mendiskusikan hal-hal berikut dengan saling menghargai pendapat teman





No.
Masalah
Hasil Diskusi
1.
Mengapa umat Muslim melaksanakan salat jumat ?

2.
Mengapa kita perlu memahami Syarat dan rukun salat jumat?


3.
Perbuatan  apa yang dilarang ketika khatib menyampaikan khutbah?


4.
Mengapa perlu berlatih menyampaikan khutbah jum’at?


5.
Pesan apa yang khatib sampaikan kepada jamaah saat berlangsung khutbah jumat




7)          Peserta didik secara bergantian menyampaikan hasil diskusi, sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan
8)           Searah jarum jam tiap kelompok bergeser menilai hasil kelompok lain dari segi ketepatan jawaban, banyaknya/ kelengkapan contoh, dan kejujuran pendapat/ tidak mencontek!
9)           Guru meminta setiap kelompok memberikan penghargaan pada kelompok yang paling baik hasilnya.
10)      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
11)      Guru menyampaikan gambaran teknis tentang tata cara khutbah jumata dan shalat jumat
12)      Peserta didik putra secara bergantian mempraktikkan tata cara khutbah jumat dan shalat jumat sesuai dengan ketentuan dalam syari’at sedangkan peserta didik yang lainnya memperhatikan.
13)      Guru meminta peserta didik mempraktekkan cara khutbah jumat dan shalat jumat  dengan benar
14)      Guru bersama-sama dengan  peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai kolom rangkuman  dalam buku teks siswa.
15)      Peserta didik melakssanakan uji kompetensi atas bimbingan guru
3. Kegiatan Penutup
1)      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2)      Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
3)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas tidak terstruktur.
4)      Sebelum berdoa, guru mengingatkan peserta didik untuk benar-benar menjaga kebersihan dalam kehsebagai implementasi dari ketendtuan thaharah dalam kehidupan sehari-hari
5)      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa


F. Penilaian
1. Penerapan sikap
Perintah: Berilah tanda centang () pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.        

Saya harus selalu mengerjakan salat Jumat



2.        

Saya yakin bahwa salat Jumat akan menghapus dosa-dosa kecil yang saya perbuat



3.        

Saya akan mengajak teman-teman untuk mengerjakan salat Jumat



4.        

Saya akan mendengarkan khatib saat berkhotbah.



5.        

Saya yakin dengan mengerjakan salat Jumat akan tumbuh persatuan dan kesatuan.



6.        

Saya selalu melaksanakan salat tahiyyatul masjid.



7.        

Saya yakin bahwa dengan melaksanakan salat Jumat persatuan dan kesatuan akan terbina.



8.        

Saya yakin kalau berbicara pada saat khotbah salat Jumat saya sia-sia



9.        

Saya yakin bisa memenuhi ketentuan-ketentuan salat Jumat



10.     

Saya yakin salat Jumat yang saya lakukan ada manfaatnya.



-    Pengisian centang
Skor: Ya: 5
Tidak : 0
Nilai = jumlah skor yang diperoleh.
-    Kolom menyebutkan contoh perbuatan yang termasuk shalat Jumat
Skor nilai:
1) Apabila peserta didik dapat menyebutkan contoh satu perbuatan yang termasuk ketentuan shalat  Jumat dengan tanggapannya, skor 10.
2) Apabila peserta didik dapat menyebutkan contoh satu perbuatan yang termasuk ketentuan shalat Jumat dengan tanpa tanggapannya, skor 5.
(contoh yang disebutkan maksimal 5)


Nilai: Jumlah skor yang diterima.
Jumlah nilai penerapan = Jumlah nilai centang + jumlah nilai contoh

2. Pengamatan diskusi
Pedoman skor Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi



No.


Nama siswa
Aspek yang dinilai


Skor
Maks.


Nilai

Ketuntasan

Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P












Keterangan:
T            : Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT         : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari  nilai KKM R  : Remedial
P            : Pengayaan

Aspek dan rubrik  penilaian
a.  Kejelasan dan kedalaman informasi.
1) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi.
1) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif  dalam diskusi, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut berperan  aktif dalam diskusi, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10. c.  Kejelasan dan kerapian presentasi
1) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
2) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
3) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan            sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
4) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang   jelas dan tidak rapi, skor 10.


Kognitif 1
Perintah: Isilah kolom di bawah ini dengan contoh perbuatan yang termasuk ketentuan salat Jumat, baik syarat, rukun, maupun ketentuan yang lainnya dengan menyertakan alasannya!

No

Perbuatan

Keterangan (rukun/syarat/ sunah/ batal)
Contoh
Berkata-kata saat khatib sedang berkhotbah
Dapat membatalkan salat Jumat
1.



2.



3.



4.



5.





2. Kolom “Ayo Berlatih”
a.  Penerapan
b. Kolom pilihan ganda dan uraian
Skor penilaian sebagai berikut:
1) Pilihan ganda: Jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)

No. Soal

Rubrik penilaian

Skor
1
a. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang  pengertian shalat Jumat lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menjelaskan tentang shalat Jumat lengkap, skor 4.
c. Jika peserta didik dapat menjelaskan tentang shalat Jumat tidak lengkap, skor 2.
10
2
a. Jika peserta didik dapat menuliskan syarat wajib dengan benar  dan lengkap, skor 10.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan syarat wajib dengan benar tapi kurang lengkap, skor 5.
10
3
a. Jika peserta didik dapat menuliskan lebih dari 5 contoh sunah
shalat Jumat, skor 10.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan kurang dari 5 contoh sunah
shalat Jumat, skor 5.
20
4
a. Jika peserta didik dapat menuliskan larangan saat Khatib sedang berkhotbah dengan benar dan lengkap, skor 10.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan larangan saat Khatib sedang berkhotbah masih kurang lengkap, skor 10.
20
5
a. Jika peserta didik dapat lebih dari 3 hikmah shalat Jumat, skor 10. b. Jika peserta didik dapat menuliskan   kurang dari 3 hikmah shalat
Jumat, skor 5.
20

Jumlah skor
80

 
2) Uraian: Rubrik Penilaian:




Nilai:      Jumlah skor yang diperoleh (pilihan ganda dan uraian) x 100
90
c.  Tugas
Skor penilaian sebagai berikut:
1) Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar maka nilai 100.
2) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar maka nilai 90.
3) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan maka nilai 80.


3. Praktik shalat Jumat
Format penilaian praktik shalat berjamaah.
Nama:..................................                                 Kelas:..........................................

Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
•    Bacaan-bacaan, baik
bacaan rukun maupun sunah
•    Gerakan-gerakan rukun
•    Kekhusyukan/ tumakninah/ penghayatan
•    Melaksanakan shalat Jumat tanpa
melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
•    tepat
100
•    kurang tepat
95
•    Melaksanakan shalat Jumat dengan
melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
•    tepat
90
•    kurang tepat
85
•    Melaksanakan shalat  Jumat dengan
melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
•    tepat
80
•    kurang tepat
75



Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
1. Rata-rata dari jumlah nilai pada kolom 1 (menyebutkan contoh ketentuan shalat
Jumat, pengisian centang dan diskusi) x 30 %
2. Jumlah nilai rata-rata pada kolom “Ayo berlatih” pilihan ganda/uraian dan tugas x 30 %
3. Jumlah nilai pada kolom praktik shalat Jumat x 40%


Nilai akhir = nilai a + nilai b + nilai c





Kunci jawaban
I.    Penerapan. (Kebijakan guru)
II.  Pilihan ganda
1.   A
2.   D
3.   D
4.   A
5.   A III. Uraian







6.   B
7.   A
8.   B
9.   A
10.   B


1.   shalat dua rakaat dengan berjamaah yang dilaksanakan sesudah khotbah Jumat pada waktu ¨uhur  di hari Jumat.
2.   Hukumnya wajib bagi laki-laki yang sudah memenuhi syarat sesuai dengan surah al-Jumu’ah/62: 9.
3.   Orang laki-laki yang sudah memenuhi syarat dan mempunyai wawasan agama yang luas.
4.   Islam, balig, berakal, laki-laki, sehat, dan menetap.
5.   Tata cara shalat Jumat:
a.   Bersihkan terlebih dahulu, badan, pakaian, dan tempat dari hadas dan najis atau kotoran.
b.  Sebelum berangkat ke masjid disunahkan untuk mandi terlebih dahulu, me- motong kuku, mencukur kumis, dan menghilangkan bau yang tidak sedap.
c.   Pakailah pakaian yang bersih dan disunahkan yang berwarna putih, mema- kai sorban, dan memakai wangi-wangian.
d.  Segera pergi ke masjid dan melaksanakan shalat tahiyatul masjid dua rakaat sebelum duduk.
e.   Sambil menunggu khatib naik mimbar disunahkan membaca dzikir, salawat nabi dan menbaca Alquran.


f.   Ketika masuk waktu dzuhur, muadzin mengumandangkan azan yang pertama.
g.   Setelah selesai azan jamaah melaksanakan shalat sunah qabliyah.
h.  Khatib naik ke mimbar mengucapkan salam; muadzin mengumandangkan azan yang kedua.
i.    Khatib menyampaikan dua kali khotbah diselingi dengan duduk di antara dua khotbah.
j.    Pada  saat  khotbah  dibacakan,  jamaah  memperhatikan  khotbah  dengan khusyuk, tidak bercakap-cakap meskipun suara khotbah tidak terdengar.
k.  Setelah selesai khotbah, muadzin mengumandangkan iqamah sebagai tanda dimulainya shalat Jumat.
l.    Jamaah bersiap-siap untuk melaksanakan shalat  Jumat.
m. Sebelum shalat dimulai, imam hendaknya mengingatkan makmum untuk merapatkan dan meluruskan saf serta mengisi saf yang masih kosong.
n.  Imam memimpin shalat Jumat berjamaah.
o.  Disunahkan untuk berzikir dan berdoa setelah selesai shalat Jumat.
p.  Sebelum  meninggalkan  masjid  disunahkan  untuk  melaksanakan  shalat bakdiyah terlebih dahulu.
6.   Sakit, hujan lebat, musafir, atau perjalanan shalat  Jumat tidak aman
7.   Sunah shalat Jumat:
a.   Disunahkan mandi terlebih dahulu sebelum pergi ke masjid.
b.  Memakai pakaian yang bagus dan disunahkan berwarna putih. c.   Memakai wangi-wangian.
d.  Memotong kuku, mengunting kumis, dan menyisir rambut. e.   Segera pergi ke masjid untuk melaksanakan ¡alat Jumat.
f.   shalat tahiyatul masjid (¡alat utnuk menghormati masjid)
g.  Membaca Alquran atau dzikir sebelum khotbah Jumat.
h.  Memperbanyak doa dan salawat atas Nabi Muhammad saw.
8.   Shalat  dzuhur.
9.   Tidak boleh berbicara meskipun satu kata
10.   Hikmah shalatJumat:
•    Termasuk orang yang memuliakan hari Jumat
•    Menguatkan tali silaturrahmi
•    Berkumpulnya umat Islam dalam masjid merupakan salah satu cara untuk mencari berkah dari Allah Swt.
•    Dengan sering berjamaah di masjid, bisa menambah semangat bekerja kita karena  terbiasa melihat orang-orang yang semangat beribadah di dalam masjid.


Melipatgandakan pahala kebaikan.
•    Berkumpulnya umat Islam pada waktu-waktu tertentu akan membiasakan diri untuk disiplin terhadap waktu.
IV. Tugas
(Kebijakan guru)


Disarankan:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Catatan:

1.   Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
2.   Guru diharapkan untuk memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki boleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel
berikut ini:



Nama peserta didik
Aktifitas



Jumlah skor

Tingkat penguasaan nilai (MK, MB, MT, (BT



Keterangan


Peduli

Tanggung jawab

Bergaya hidup sehat


Religius

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4









































Rubrik penilaian:

1.   Apabila  peserta  didik  belum  memperlihatkan  perilaku  yang  dinyatakan  dalam indikator.
2.   Apabila sudah memperlihatkan perilaku   tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.   Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.   Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.


Catatan:
Penguasaan nilai disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.



Rentang Skor      =  Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12

MK
=
4 - 16
MB
=
1- 13
MT
=
8 - 10
BT
=
4-7

Keterangan:
BT      : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT     : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB     : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK    : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

F. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan tugas individu membuat contoh  khotbah Jumat. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

G. Remedial
Peserta  didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi  tentang “Menyatu di hari yang kita tunggu”. Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat hal. 107) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Ayo Berlatih” dalam buku siswa kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan  menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa  setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung  baik  langsung,  maupun  melalui  telepon,  tentang  perkembangan  perilaku anaknya.


Mengetahui,
Kepala Madrasah




(………………………..)


Depok, ……………2016
Guru Mata Pelajaran Fiqih




(………………………..)












0 Response to "RPP Fiqih Kelas VII Semester II Kurikulum 2013"