Naskah Drama Sekolah (Dance Club Terlarang)


Naskah Drama Sekolah (Dance Club Terlarang)

Karya : Kalyazmen Sabrina Siswa Kelas 8 MTs Al Jamhuriyah

Rekan pembaca setia kelasasyik.com kali ini saya akan membagikan contoh naskah drama sekolah hasil karya siswa saya,sebagai apresiasi saya atas siswa tersebut.

Suasana di kelas VIII sedang hiruk-pikuknya. Terdapat berbagai macam kegiatan, ada yang sedang ngobrol, ada yang baca, bahkan ada pula yang tidur!
Di meja depan, Manda, Andini, Sabrina, Mae dan Rahma sedang membicarakan sesuatu yang sepertinya sangat seru.
Rahma : “Mau bilang cinta tapi takut salah.. bilang tidak ya? Bilang tidak ya..?”
Arif         : Nyanyi mulu. Gak ada kerjaan lain apa?
Rahma : Yee.. biarin. Sirik aja lo, huu…
 Arif :*Menjulurkan lidahnya*
Rahma :*Mengejek juga*
Andini : Udah-udah, jangan ribut mulu!
Sabrina : Tau nih. Ngomong-ngomong, gue bosen hari ini, enaknya kita ngapain, ya?
Manda : Mm, gimana kalau kita nge-dance aja, yuk!
Mae : Hei, nanti kalau ketauan sama kepsek gimana?
Andini : Iya. Bisa-bisa kita dihukum, lo mau?
Manda : Ya.. gak juga sih. Tapi, asal gak terlalu berisik, pasti gak ada yang denger.
Sabina : Eh? Boleh juga.
Tetapi sayang sekali. Wali kelas mereka, Pak Hakani, sudah berada di kelas. Dia menyampaikan sesuatu..
Hakani : Anak-anak, hari ini kita tidak belajar. Guru-guru semua rapat..
Kelas : Yeyy… free class!!
Hakani : Tapi, ada tugas buat kalian. Catat materi IPS halaman 62. Bapak akan periksa setelah rapat selesai.
Kelas : Yahh…
Hakani : Bapak tinggal dulu.
Pak Hakani pun meninggalkan ruangan.
Rahma : Huft! Harus ya nyatet?
Mae         : Ya iyalah. Nanti kan diperiksa.
Manda : Sstt.. sstt! Hei!
Andini :*Nengok* Ngapa?
Manda : Pak Hakani dan guru-guru yang lain kan lagi rapat, tuh.
Andini : Terus?
Manda : Yaudah, berarti gak apa-apa.
Andini : Apanya?
Manda : Mungutin sampah, bantuin Bang Jali!
Arif         : Haa..!!
Rahma : Heh, jangan lebar-lebar. Laler tuh masuk!
Arif : Ah, usil aja lo!
Manda : Ya nge-dance nya! Ayo!
Mae         : Ayo, deh.
Sabrina : Oke, gue putar lagunya.

*INTRO*
  GDFR
Lia         : Eh, ada Pak Hakani, mau kesini!
Rahma : Sab, matiin lagunya!
Sabrina : Iya bentar.
Rahma : Cepetan!
Sabrina : Sabar atuh. Nah, udah mati.
Manda : Ayo semua duduk!
Terdengar suara derap langkah Pak Hakani mendekati kelas VIII. Murid-murid langsung duduk dengan tegap, sambil berpura-pura mencatat.
Hakani : Bagaimana? Sudah selesai semua?
Kelas : Belum, Pak!
Hakani : Kalian ini gimana, kok lama banget, sih. Cuman disuruh nulis aja, kok, kayak disuruh macul.
Arif : Lha iyalah, Pak. Materinya kan buanyak banget. Emangnya kita superhero yang geraknya cepet?
Hakani : Heh, kamu! Jawab aja bisanya! Gak sopan banget, sih!
Arif         : Lho? Saya kan punya mulut. Buat apa ini? Buat apa diciptakan kalau gak digunakan?
Hakani : Iya iya, ampun.
Arif         : Nah, gitu.
Hakani : Iya.. lho? Kok jadi saya yang minta ampun sama kamu? Gak salah, nih?
Arif : Eh, iya juga ya, Pak. Damai deh, Pak. Damai, peace.
Hakani : Saya kasih waktu 5 menit lagi untuk mencatat. Selesai tidak selesai harus dikumpulkan.
Kelas : Yahh..
Hakani : Tidak ada yang berisik!
Manda, Andini, Rahma dan yang lain-lain pun tak berkutik jika Pak Hakani sudah berkata sesuatu. Mereka mencatat dalam diam. Bel istirahat pun berbunyi.
Mae         : Yuk, kita jajan!
Rahma : Ayo! Gue laper, nih. Dari pagi belom makan.
Arif         : Ah, lo mah emang makan mulu pikirannya.
Rahma : Ih, rese banget, si!
Arif :*Tertawa*
Manda : Gimana, nih? Kita mau latihan dimana?
Andini : Di lapangan belakang sekolah aja.
Manda : Tumben lo nyambung.
Mae         : Iya. Emang latihan apa?
Andini : Ini kan, Pasus?
Manda : Haduh, nge-dance, Andini!
Andini : Oh! Oke, yuk!
Arif         : Ikut!
Rahma : Ngapain sih?
Arif         : Kenapa si? Boleh ya, Man?
Manda : Iya deh, ayo!
Arif         : Tuh, boleh sama Manda.
Rahma : Tapi, gue laper..
Mae         : Etd, yaudah lo jajan dulu gih!
Rahma : Tungguin, ya? *Ngacir*
Manda : Kita mulai latihan, ya? Sabrina, lagunya nyalain!
Sabrina : Sip! *Nyalain lagu*
*INTRO*
Change Your Life
*Musik berhenti*

Manda : Bagus, Din. Gerakan lo udah bagus.
Mae         : Tapi percuma kita latihan tiap hari di sekolah. Kalau kepsek aja gak izinin kita bikin club dance sendiri.
Manda : Gimana caranya ngebuktiin sama kepala sekolah, kalau club dance kita bernilai positif?
Andini : Kita kasih tunjuk lah.
Mae         : Maksud lo, kita tampilin dance kita depan kepala sekolah?
Andini : Iya.
Rahma : Langsung dibantai lo! Kalau yang lebih parah, diskors mungkin.
Andini : Uh.. pusing juga, ya..
Tanpa dikehendaki, Duo Perusuh datang menghampiri Manda dkk.
Widiya : *Tertawa* Hah, percuma-percuma. Lo semua mau latihan kayak apa juga, pecuma. Kepsek gak bakalan ngerubah keputusannya. Harusnya, lo pada bersyukur masih bisa sekolah di sini. Masih mau bikin yang aneh-aneh lagi.
Icha        : Betul, tuh. Kayak gak ada kegiatan lain deh.
Widiya   : Udah ah, males gue ngurusin anak-anak aneh kayak gini. Yuk Cha! *Meninggalkan Manda dkk*
Icha         : Iya, yuk! *Mengikuti Widiya*
Manda : Guys, gak usah didengerin omongan mereka berdua, ya? Mereka cuman sirik aja.
Andini : Emang tuh, berdua. Hu! Gue kepret juga, nih.
Bel tanda masuk berbunyi.
Sabrina : Udah bel. Masuk yuk! Besok kita lanjutin lagi.
Rahma :*Mengangguk*
Mereka berjalan masuk ke kelas bersama.
Keesokan harinya..
Mae         : Manda, koreo terbaru kita gimana?
Manda : Gue udah browsing beberapa dari internet. Gak terlalu susah kok.
Andini : Terus, kita latihannya kapan? Sekarang?
Manda : Jangan sekarang, deh. Nanti aja pas istirahat.
Widiya & Icha : *Lewat di depan Manda* Loser..
Rahma : Heh! Lo berdua kenapa, sih? Bisanya cuman ngatain doang. Gue kepret juga lo!
Arif         : Udah Rahma, gak usah lo ladenin tuh dua makhluk ajaib. Nanti juga sembuh sendiri. Kalau lo ladenin, berarti lo juga sama kayak mereka..
Widiya : Maksud lo apa?!
Arif         : Ya itu, sakit jiwa. Hahahaha…
Sabrina : Udah deh, mendingan lo berdua pergi. Gak usah gangguin kita.
Widiya & Icha :*melengos pergi*
Arif         : Nah, baru gue mau ngomong itu. Tau aja lo, Sab.
Sabrina : Masa?
Manda : Tuh, Pak Hakani udah mau kesini. Mendingan kita masuk.
Hakani : Assalamualaikum, anak-anak.
Kelas : Wa’alaikumussalam, Pak!
Hakani : Kita mulai pelajaran hari ini.
Bel istirahat berbunyi. Semua murid berhamburan keluar kelas. Hanya Manda, Andini, Sabrina, Rahma, Mae dan Arif yang tertinggal.
Arif         : Manda, yuk latihan. Sab, mana lagunya?
Sabrina : Nih, cari sendiri deh.
Arif         : Ok!
Widiya : Eh, liat deh Cha. Ada anak aneh mau joget.
Icha         : Joget apaan?
Widiya : Joget ayam jago kali, hahaha…
Icha         : Hati-hati aja, Wid. Nanti kita dipatok!
Rahma : Rese lo, berdua! *melempar tempat pensil*
Widiya & Icha :*kabur*
Andini : Rahma, udah.
Arif         : Mulai aja latihannya, nanti keburu masuk.
*INTRO*
DJ SODA
Najib : Apa-apaan ini?!
Arif         :*berhenti dance*
Manda dkk : Eh?
Andini : *berbisik* aduh..
Sabrina :*mematikan lagu*
Najib : Sudah saya katakan berapa kali tidak ada yang namanya nge-dance atau apapun itu. Kalian tidak mendengarkan saya rupanya. Dan terangan-terangan melakukannya di kelas. Kalian semua ikut saya ke ruang guru sekarang.
Manda dkk :*mengikuti kepsek*
Di ruang guru..
Najib : Manda, sudah berapa kali saya katakan sama kamu. Tidak ada dance di sekolah ini! Kamu itu kan ketua kelas, bagaimana kamu ini? Masa malah membuat grup yang jelas-jelas saya tentang.
Manda : Maaf Pak. Saya hanya ingin mengembangkan bakat. Lagipula bukankah ini bisa membuat nama sekolah kita menjadi lebih bagus?
Najib : Bagus apanya? Kamu kira gerak-gerak gak beraturan kayak cacing itu bagus?!
Arif         : Kok ngomongnya gitu, sih Pak? Kalau Bapak emang gak suka, gak apa-apa. Tapi jangan menghina, dong.
Sabrina :*berbisik* Arif!
Arif         : Maaf Pak..
Najib : Saya heran sama kalian semua, terutama kamu Manda. Apa enaknya sih dance-dance kayak begitu? Badan lelah, waktu kalian terbuang, bisa tidak fokus belajar.
Manda : Saya mengerti alasan Bapak tidak menyetujui kegiatan kami. Tetapi Pak, saya juga ingin menyalurkan bakat terpendam saya dan kawan-kawan. Saya mohon, Bapak mengerti.
Najib : Saya akan mengerti, kalau kalian bisa membuat saya berubah pikiran.
Manda : Maksud Bapak?
Najib : Saya ingin kalian memperlihatkan hasil kalian berlatih dance selama ini.
Manda : Saya siap jika Bapak memang menginginkan begitu. Gimana yang lain, siap gak?
Arif, Mae, Rahma, Sabrina dan Andini : SIAP!!
Najib : Kalau begitu, tunggu apa lagi? Coba kalian lakukan di lapangan! Kalau hasilnya tidak seperti yang saya harapkan, terpaksa saya tidak menyetujui kegiatan kalian.
Manda : Siap Pak. Saya dan kawan-kawan akan memberikan yang terbaik.
Di lapangan depan gedung sekolah..
Andini : Mae, lagunya putar.
*INTRO*
Cheerleader
Najib : Cukup!
*musik berhentiI
Najib : Saya sudah melihat dengan jelas, dan ya.. hasilnya cukup mengejutkan.
Andini : Jadi kita boleh bikin dance club, Pak?
Najib : Saya tidak bisa berkata apa-apa. Penampilan kalian memang mengagumkan. Jawaban saya, YA.
Manda dkk : Alhamdulillah… Terima kasih banyak Pak!
Najib : Ya, sama-sama… Saya sudah memberikan izin bagi kalian. Satu hal yang saya minta, jangan kecewakan saya!
Manda dkk : Baik Pak! Kami tidak akan mengecewakan Bapak.
Rahma : Guys, kita dance lagi, yuk! Kan, udah dibolehin sama Pak kepala sekolah. Nah, tuh Duo Perusuh, ngapain lagi?
Widiya : Man, sorry ya, kita udah ngejek lu semua terus? Gak nyangka, ternyata dance lu dan yang lain bisa bikin pak kepsek berubah pikiran.
Icha         : Iya, gue juga.
Manda : Ya, gak apa-apa, kok. Lagipula semua udah berlalu kan?
Rahma : Makanya, kalau ngejek jangan keterlaluan. Liat sendiri, kan.
Widiya : Iya. Sorry ya?
Sabrina : Udah ah, daripada kelamaan. Rif, musik!
Arif : Ya!
*INTRO*
TITANIUM
Ya, dan ending dari drama musikal ini akhirnya bahagia. Selamat untuk Manda dan teman-temannya.

THE END


Kalyazmen Sabrina

https://plus.google.com/103436535380321592069/posts






0 Response to "Naskah Drama Sekolah (Dance Club Terlarang)"