Langkah-langkah Mengajar
- Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
- Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya
- Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral systems family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
Kisah Khalifah Umar Bin Khatab
Sahabat Umar bin Khatab sewaktu menjadi khalifah pernah
sangat marah ketika melihat orang yang hanya berada di masjid untuk ibadah
tetapi mengabaikan tugas dan tanggung jawabnya terhadap keluarga, ia rajin
beribadah tapi untuk kebutuhan sehari-hari
bergantung kepada saudaranya. Beliau bertanya :" Kenapa kamu
berdiam diri di masjid dan tidak bekerja untuk mencari rezeki dari Allah?.
Jawab orang tersebut:” Wahai Khalifah, kebutuhan sehari-hariku
sudah dipenuhi oleh saudara saya, karena itu hidupku hanya untuk Allah,
kugunakan hari-hariku untuk salat dan membaca Alqur’an serta iktikaf di
masjid”. Mendengar jawaban tersebut
Khalifah berkata :”Kalau begitu pahala saudaramu lebih besar dari pahalamu.
Sebab kamu tidak mungkin bisa
menjalankan ibadah di masjid seperti ini tanpa ada bantuan dari
saudaramu yang setiap hari bekerja untuk mencukupi kebutuhan dirinya dan kebutuhanmu".
Sumber
: Dinamika kehidupan religius
Pngrang : Muhammad Tholchah Hasan
- Guru mengajak peserta didik mencermati kisah tersebut:
- Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
- Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan kasusnya. Dan peserta lain mendengarkan.
- Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara.
- Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil mencermati kisah, dan mengaitkannya dengan tema Konsep Keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat
0 Response to "RPP Quran Hadits Kelas 8 Kurikulum 2013 "
Post a Comment