Materi Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 2
Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama
Kompetensi Dasar
Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa mampu:
a. menentukan unsur-unsur yang akan dibahas terkait dengan pementasan drama dengan tepat
b. membahas pementasan drama melalui kegitan diskusi dengan tepat.
Membahas Pementasan Drama
Unsur-unsur yang terdapat dalam teks drama dan unsur pementasan drama sedikit berbeda. Perbedaan itu antara lain terletak pada latar dan penghayatan tokoh dalam pemeranan. Dalam sebuah pementasan drama kamu dapat mengamati unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Unsur pementasan drama meliputi tokoh, karakter tokoh, alur, latar atau setting (digambarkan dengan tata lampu, tata suara, tata letak, background), tema, pesan/amanat.
- Mengidentifikasi Unsur Pementasan Drama
- Plot/alur
- Penokohan dan perwatakan
- Dialog (percakapan)
- Latar (tempat, waktu dan suasana)
- Tema (dasar cerita)
- Amanat
melalui percakapan antartokoh atau perilaku setiap tokoh.
- Menentukan Unsur Drama yang Dianggap Menonjol dengan Menunjukkan Bukti Pendukung
- Mengidentifikasi Karakter Tokoh Dalam Pementasan Drama
kemudian biasanya diakhiri dengan penyelesaian.
Dalam rangkaian peristiwa itulah muncul tokoh-totoh yang berlainan karakternya. Ada tokoh yang baik, tokoh yang jahat, dan ada juga tokoh yang berfungsi sebagai penengah ketika terjadi konflik antara tokoh baik dengan tokoh jahat. Karakter tokoh-tokoh dalam pementasan drama dapat dilihat dari dialog tokoh itu, percakapan tokoh lain mengenai tokoh itu, bentuk fisik, pakaian atau segala sesuatu yang dikenakan tokoh, serta gerak-gerik tokoh.
- Mendeskripsikan Fungsi Latar Dalam Pementasan Drama
Latar atau setting dalam pementasan drama meliputi:
- waktu terjadinya peristiwa
- tempat berlangsungnya kejadian-kejadian
- suasana yang menggambarkan atau melukiskan peristiwa itu terjadi.
cerita. Misalnya panggung ditata dengan latar belakang rumah berdinding bambu dan perabotan yang sederhana menggambarkan tempat terjadinya cerita adalah di rumah rakyat jelata atau rakyat miskin. Lampu yang semula terang benderang berubah menjadi redup menggambarkan waktu siang berganti malam, atau dapat pula menggambarkan suasana senang berubah menjadi suasana sedih. Tata suara dan tata musik juga berfungsi menggambarkan suasana yang terjadi baik suasana secara fisik mapun batin.
Latar dalam drama berfungsi membuat cerita menjadi realistis dan logis. Penciptaan latar yang baik akan menggambarkan secara jelas di mana peristiwa terjadi, kapan berlangsung cerita, serta bagaimana suasana dalam cerita baik suasana lahir maupun suasana batin tokohnya. Latar yang baik dapat menjadikan pementasan lebih menarik dan lebih hidup sehingga pementasan dapat benar-benar dinikmati oleh penonton.
- Menanggapi Hasil Pementasan Drama dengan Argumen yang Logis
Dalam kegiatan ini kamu dituntut untuk mampu menjadi penonton yang aktif dan kritis dalam sebuah pementasan drama. Cermatilah dengan baik adeganadegan, dialog, tata panggung, tata lampu, musik, serta tata suara dalam pementasan drama. Dengan pengamatan yang cermat kamu akan mampu memberikan tanggapan yang tepat dengan argumen yang dapat diterima akal terhadap pementasan drama itu. Tanggapan harus disampaikan secara objektif, bijak, jernih, tidak emosional, serta dengan bahasa yang santun dan komunikatif
Contoh:
- Pakaian yang dikenakan oleh .... kurang tepat, sebab .......... sebagai seorang ......... seharusnya ia mengenakan pakaian yang ..........
- Tata lampu pada saat adegan yang berlangsung di istana kurang baik atau kurang terang, sebab sebuah istana yang megah seharusnya kelihatan cerah dengan lampu yang terang padahal waktu itu digambarkan dalam suasana bahagia.
EVALUASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX/ 2
Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama
Kompetensi Dasar
Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa mampu:
- menentukan unsur-unsur yang akan dibahas terkait dengan pementasan drama dengan tepat
- membahas pementasan drama melalui kegitan diskusi dengan tepat.
- Saksikanlah dengan saksama pementasan drama berikut!
- menyaksikan pementasan drama dari rekaman video (terlampir di file tersendiri),
- menyaksikan pementasan drama yang dilakukan oleh kelompok teman di depan kelas,
- menyaksikan pementasan drama di gedung pertunjuka,
- menyaksikan pertunjukan drama di televisi).
Identifikasilah karakter tokoh dengan mengisi format di bawah ini!
Berikan tanggapan terhadap pementasan drama berdasarkan penataan latar, tata busana, penguasaan karakter, vokal , dan ekspresi dengan mengisi format berikut!
Untuk Power Point Unduh di sini
SUMBER:
Anindyarini, Atikah, Yuwono, dan Suhartono. Bahasa Indoesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Suwandi, Sarwiji dan Sutarmo. 2008. Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku untuk Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Wirajaya, Asep Yudha dan Sudarmawati. 2008. Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
0 Response to "Membahas Pementasan Drama"
Post a Comment