Materi Dialog Interaktif (Kelas 9 Semester 1) KTSP



Kompetensi Dasar               
1.1  Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio.

Tujuan Pembelajaran
      a.  Siswa dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
      b.  Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan
            televisi /siaran radio


DIALOG INTERAKTIF
Pernahkah kamu melihat dan mendengarkan dialog di televisi? Dialog lebih dikenal dengan istilah tanya jawab. Dialog adalah kegiatan bertanya jawab antara penanya (wartawan/reporter) dengan narasumber. Narasumber adalah orang yang mengalami peristiwa, ahli, atau pakar dalam suatu bidang tertentu. Dengan kegiatan mendengarkan dialog, kamu akan mengetahui berbagai informasi yang disampaikan narasumber.
1. Menemukan Informasi dalam Dialog
            Informasi adalah sesuatu yang diberitahukan atau disampaikan oleh dan kepada orang lain. Informasi dalam dialog berbentuk lisan. Melalui kegiatan dialog interaktif ini, informasi disampaikan oleh narasumber. Untuk itu, kamu harus mendengarkan dengan saksama!
2. Teknik Menemukan Isi Dialog
Nah, sekarang coba kamu dengarkan dialog interaktif antara reporter dengan narasumber yang akan diperankan oleh temanmu!
Sebelum dialog dimulai, persiapkanlah hal-hal berikut ini.
a. Bersiap-siaplah mendengar dan menyimak.
b. Konsentrasikan pikiranmu terhadap kegiatan dialog tersebut.
c. Ingat-ingat dan tandai bagian yang dianggap penting.
d. Dengarkan dialog sampai selesai.
e. Ingat-ingat kembali bagian terpenting dialog.
f. Tulislah kerangka isinya.
g. Simpulkan isinya dengan bahasa yang jelas.
3. Berikut dialog interaktifnya.
            Liburan semester tiba, paling asyik berkunjung ke objek-objek wisata. Nah, objek wisata apa saja yang paling menarik di Jawa Tengah? Mari, kita simak penuturan Ibu Ir. Sri Uritni Aminarsih, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah, kepada watawan, Hanifah Eka Ramadhyani, Adli Ilham Akbar Hafidz, Ainun Nadzifatul, dan Vania Gita Anya Tamara.
Memasuki tahun 2008, apa program Dinas Pariwisata Jateng, Bu?
Sesuai dengan program nasional bahwa 2008 ditetapkan sebagai Tahun Kunjungan Wisata Indonesia atau Visit Indonesia Year 2008.
Apa saja upaya untuk menyukseskan program itu?
Melakukan promosi dalam berbagai kesempatan dengan mengundang para pelaku wisata, biro-biro wisata, promosi melalui pameran skala nasional maupun internasional, dan melalui website di internet.
Di Jawa Tengah ini, objek wisata mana saja yang paling banyak dikunjungi wisatawan?
Banyak sekali, terutama objek wisata yang sudah sangat terkenal seperta Candi Borobudur, Prambanan, Ketep Pass, Dieng, Pulau  Karimunjawa, dan lain-lain.
Apakah ada objek wisata terbaru di Jateng?
Ada, namanya Owabong, singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari di Purbalingga. Ada lagi Reptile and Insect Park (Taman Reptil dan Serangga) yang diresmikan pertengahan 2007 oleh Pak Mardiyanto, juga di Purbalingga.
Kami sering mendengar objek wisata budaya, juga wisata sejarah, apa maksudnya?
Objek wisata budaya itu objek wisata yang lebih menonjolkan hasil budaya manusia, baik di zaman lampau maupun saat ini. Kalau masa lalu, biasanya berhubungan dengan sejarah seperti candi. Ada juga wisata sejarah seperti bekas rumah dinas Karesidenan Kedu di Magelang.
Apa saja jenis objek wisata yang ada di Jateng?
Bermacam-macam. Selain wisata budaya dan sejarah, ada wisata alam, ziarah, bahari, dan sekarang banyak dikembangkan agrowisata.
Untuk mengembangkan pariwisata, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan pihak mana saja?
Banyak pihak, seperti pemerintah kabupaten kota, biro perjalanan, para pengelola hotel dan restoran, pengelola objek wisata, dan tentunya dengan media massa.
Saat ini sering terjadi bencana alam, apakah ini berpengaruh terhadap berkurangnya kunjungan wisatawan?
Pasti berpengaruh kalau terjadi di sekitar objek atau mengganggu transportasi menuju ke objek wisata tersebut. Seperti banjir yang terjadi di Solo, Karanganyar, Kudus, Sragen, cukup mengganggu wisatawan yang ingin menuju ke sana.
Apakah pengunjung objek wisata itu mendapat asuransi jiwa?
Iya, biasanya oleh pengelola sudah dicantumkan di tiket masuk.
Oh ya Bu, sebenarnya tugas Dinas Pariwisata itu apa saja?
Mempromosikan objek wisata yang ada di provinsi, melakukan pembinaan baik kepada masyarakat, pelaku usaha, dan pengelola objek wisata.
Apa suka dan duka yang Ibu rasakan sebagai Kepala Dinas Pariwisata?
Banyak sukanya karena tugas kita memang membuat orang lain bahagia. Dukanya kalau target jumlah wisatawan turun, ha ha ha……
Sumber: Tabloid Yunior, 13 Januari 2008.

Sumber :
Martanti dan Supratiwi P, 2009, Kreatif Berbahasa Indonesia 3: untuk SMP dan MTs Kelas IX, Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

http://gurumuda.com/bse/menyimpulkan-isi-dialog-interaktif


0 Response to "Materi Dialog Interaktif (Kelas 9 Semester 1) KTSP"