Cerita Fabel "Merak dan Ayam"


MERAK DAN AYAM

Dahulu di sebuah hutan, hiduplah dua ekor hewan yaitu  merak dan ayam. Keduanya bersahabat sangat lama dan hampir setiap hari menghabiskan waktu, bermain  dan mencari makan bersama. Sampai-sampai hewan lain merasa iri. Dengan kedekatan mereka.

Ayam merasa senang karena bisa bersahabat dengan merak karena tidak banyak hewan yang lain yang bisa. Pada suatu hari ayam datang ke tempat merak hendak mengajak bermain seperti biasa. Namun apa yang terjadi ayam mendengar pembicaraan Merak sahabatnya dengan merak lain.

“Hai Biru (panggilan untuk merak sahabat ayam) Apakah engkau tidak malu bersahabat dengan ayam, mereka berbeda dengan kita. Mereka tidaklah sepadan dengan kita lihat saja mereka jelek dan kotor? (tanya merak lain).

“Merak biru tertawa dan berkata “ Kamu pikir aku mau bersahabat dengan ayam, jelas tidak, aku hanya memanfaatkan dia untuk membantu aku mencarikan makanan. Buluku cerah menarik perhatian setiap mata yang meliriknya. Ekorku yang sangat panjang berhiaskan pola mata yang indah manamungkin mau bersahabat dengan ayam.

Ayam yang diam-diam mendengar pembicaran itu langsung tertunduk dan pergi meninggalkan tempat merak. tanpa sepangetahuan merak. Ayam memutuskan untuk tidak bersahabat lagi dengan merak.

Lama tidak berjumpa dengan Ayam, Merak merasa ada yang aneh dan mencari Ayam. Ditengah perjalanan menuju tempat Ayam. Merak bertemu dengan Musang sang pemangsa. Merak berlari ketakutan hingga dia bertemu dengan Ayam sahabatnya. Ayam lalu membawa Merak bersembunyi di tempat yang aman dan selamatlah mereka dari kejaran musang.

            Setelah beberapa lama keduanya bersembunyi dan merasa aman. Merak berterima kasih kepada Ayam yang telah menyelamatkannya dan Merak mengakui dan menyesal telah berbohong tentang persahabannya.

                                             
                                Oleh Ali Maulana

0 Response to "Cerita Fabel "Merak dan Ayam""