Unduh RPP Qurdis Kurikulum 2013 Lengkap 2


Berikut kami berikan contoh RPP mata pelajaran Al Quran Hadits adapun lengkapnya dapat diunduh di bawah setelah contoh

Satuan Pendidikan : MTs Al Jamhuriyah 
Mata Pelajaran: Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester: VII/II
Materi:Toleransi 
Alokasi Waktu: 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

KOMPETENSI INTI

  • Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  • Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KOMPETENSI DASAR

  • Memahami isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a. dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik        
  • Mendemonstrasikan sikap tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai

INDIKATOR

  • Menterjemahkan surah  al-Kafirun 
  • Menjelaskan kandungan  surah al-Bayyinah
  • Menterjemahkan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
  • Menjelaskan isi kandungan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a
  • Menyimpulkan hasil kajian ayat atau hadis
  • Mensimulasikan sikap tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai hadis

TUJUAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosi dan mnegkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu membaca dengan fasih dan tartil, menerjemahkan, menjelaskan, isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98)

MATERI POKOK
Tasamuh

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Scientific Method (Metode Ilmiah)

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
  • Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya
  • Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral system  family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik)

Kegiatan Inti
(Mengamati)
Mengamati gambar, foto, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kerukunan dan keharmonisan di masyarakat 

Menanya

  • Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat
  • Secara berpasanangan siswa saling bertanya tentang toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat

Mengekplorasi

  • Menggali informasi dari berbagai sumber tentang kandungan Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah. 
  • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang terjemahan kata dan isi kandungan hadis dan hadis 

Asosiasi

  • Secara berkelompok mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis 
  • Serta merumuskannya secara tertulis.
  • Mengidentifikasi sikap tasammuh yang sesuai dengan isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
  • Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.

Komunikasi

  • Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan diskusi kelompok tentang isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
  • Memberikan tanggapan dari papararan tentang isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
  • Menunjukkan contoh sikap tasammuh yang sesuai dengan isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :

Penutup

  • Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • Guru melakukan penilain atau refleksi terhadap yang sudah dilaksanakan secara konsistem dan terprogram 
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media                     : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
Alat/Bahan                : Gambar/tulisan Kertas
Sumber Belajar            : Buku Paket

PENILAIAN



REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching)selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.


INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar  penilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

Unduh lengkapnya di sini


0 Response to "Unduh RPP Qurdis Kurikulum 2013 Lengkap 2"