Contoh RPP SKI VII Kurikulum 2013



RENCANA PEMBELAJARAN SKI
Satuan Pendidikan            : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran                  : SKI
Kelas/Semester                : VII/I
 Materi                              : Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum kedatangan Islam
Alokasi Waktu                   : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

A.            KOMPETENSI INTI
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

B.            KOMPETENSI DASAR
1.1 Meyakini misi  dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
3.3  Memahami  pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
3.4  Menganalisis  pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.1 Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq 1-5  yang merupakan  wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW
4.2 MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir 1-7  yang merupakan  wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW
4.3 MelafalkanQ.S. Asy Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
4.4  Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Makkah


C.            INDIKATOR
1.              Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
2.              Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam
3.              Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
4.              Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
5.              Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
6.              Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
7.              Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
8.              Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
9.              Melafalkan  surat Al Alaq 1- 5
10.          melafalkan surat al mudatsir dari 1-7


D.            TUJUAN
Peserta didik mampu:
1.         Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
2.         Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam
3.         Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
4.         Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
5.         Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
6.         Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
7.         Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
8.         Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
9.         Melafalkan  surat Al Alaq 1- 5
10.     melafalkan surat al mudatsir dari 1-7

E.             MATERI POKOK
Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum kedatangan Islam
Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah
Pola Dakwah Nabi Muhammad di Mekkah

F.             PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Scientific Method (Metode Ilmiah)

G.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
·    Pendahuluan
v  Persiapan
1.        Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.        Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.        Guru melakukan kegiatan curah pendapat dengan peserta didik tentang menanyakan pertanyaan berikut:
a. Apa itu sejarah, Apa yang dimaksud Sejarah Kebudayaan Islam,apa manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam,apa tujuan mempelajarai Sejarah Kebudayaan Islam, Guru memberi penguatan tentang sejarah Kebudayaan dan manfaatnya.  
4.        Setelah memberikan penguatan, Guru mulai menyampaikan tujuan pembelajaran dari tema Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam.
5.        Guru dapat menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
Guru dapat menggunakan active learning, dimana peserta didik  diberi kebebasan untuk mengekspresikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan sekaligus memberikan motivasi untuk mengkaji lebih dalam

·        Kegiatan Inti
(Mengamati)
  • Peserta didik mengamati gambar
  • Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar yang ada
  • Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam
  • Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta didik

(Menanya)
  • Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam
  • Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
  • Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam
  • Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 (Mengeksplorasi)
  • Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  • Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah  “wawasanku”
  • Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  • Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatka

Mengasosiasi
  • Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  • Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah  “wawasanku”
  • Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  • Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatka.

Mengkomunikasi
  • Guru meminta Peserta didik tetap di kelompok besarnya untuk mendiskusikan tentang perbandingan antara kondisi kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan sekarang
  • Guru meminta setiap kelompok menulis hasil diskusinya di kertas. Kemudian hasilnya diserahkan ke guru untuk dinilai.
  • Guru meminta salah satu kelompok mempresntasikan hasil kerjanya

·    Penutup
  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
·    Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik agar berani mengungkapkan pendapatnya.

H.            MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Media                                      : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan                   : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar            : Buku Paket
1.       PENILAIAN
Pengamatan Sikap (Diskusi)
  1. Format Penilaian




No.


Nama
peserta didik
Aktifitas
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
1






2






3







  1. Rubrik penilaian:
1.    Kerjasama
a.       jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1
b.        jika Peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2
c.       jika Peserta didik mulai berkembang  kerjasamanya, skor 3
d.       jika Peserta didik mulai membudayakan  kerjasamanya, skor 4
2.       Keaktifan.
a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2
c.    jika Peserta didik mulai berkembang  keaktifan, skor 3
d.    jika Peserta didik mulai keaktifan, skor  4
3.       Partisipasi
a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan Partisipasi, skor 1
b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan Partisipasi, skor 2
c.    jika Peserta didik mulai berkembang  Partisipasi, skor 3
d.    jika Peserta didik mulai Partisipasi, skor 4
4.       Inisiatif
a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan Inisiatif, skor 1
b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan Inisiatif, skor 2
c.    jika Peserta didik mulai berkembang  Inisiatif, skor 3
d.    jika Peserta didik mulai membudayakan  Inisiatif, skor 4



  1. Pedoman Pen-skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal (16)

2.       Format Penilaian “Aktifitasku” (presentasi)
  1. Format Penilaian




No.


Nama siswa
Aspek yang dinilai


Skor
Maks.



Nilai


Ketuntasan

Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P


































  1. Aspek dan rubrik  penilaian:
1)   Kejelasan dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2)   Keaktifan dalam diskusi.
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
 b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3)   Kejelasan dan kerapian presentasi.
a. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30. c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.


  1. Pedoman Pen-Skoran


Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal


3.       Penilaian “Tugasku”
Skor penilaian sebagai berikut:
  1. Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
  2. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
  3. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.


H. Pengayaan

Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  tentang Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

I. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi tentang “Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah”. Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat penilaian tentang uji kompetensi) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
nteraksi u Denang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Tugasku” dalam buku teks kepada orang tuanya. Adapun peran orang tua bisa dilihat di tabel berikut:

No
Tugas
Peran Orang Tua
1
Mencari Ayat-ayat tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam
·      Mengamati kegiatan Anaknya
·      Mendampingi anaknya ketika melaksankan tugas.
2
Memperdengarkan hapalan surat al Alaq dan Al Mudatsir
·      Meluangkan waktu untuk mendengar hapalan anaknya.
·      Memberikan penilaian dan tanda tangan setelah mendengar anaknya membacakan
3
Mewancarai Ustadz/h tentang pengalaman menjadi da’i
·      Mengamati kegiatan anaknya
·      Mengenalkan anaknya dengan ustadz/h sekitar lingkungannya
·      Memfalisitasi kebutuhan anaknya

Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan perilaku anaknya.


Mengetahui,
Kepala Madrasah




(………………………..)

Depok, …………………2015
Guru Mata Pelajaran SKI






0 Response to "Contoh RPP SKI VII Kurikulum 2013"