RENCANA
PEMBELAJARAN SKI
Satuan Pendidikan : MTs Al Jamhuriyah
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : VII/I
Materi : Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum kedatangan Islam
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat.
2.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
3.3 Memahami
pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
3.4 Menganalisis
pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.1 Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq 1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW
4.2 MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir 1-7 yang
merupakan wahyu kedua diterima Nabi
Muhammad SAW
4.3 MelafalkanQ.S. Asy Syu’aaro 154 dan al-Hijr:
94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
4.4 Mensimulasikan
dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Makkah
C.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan misi Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
2.
Menjelaskan Kondisi
Makkah sebelum Islam
3.
Mengidentifikasi cara
dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
4.
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
5.
Menjelaskan hikmah
dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
6.
Menjelaskan keladanan
dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
7.
Menjelaskan keladanan
dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
8.
Menjelaskan
keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
9.
Melafalkan surat Al Alaq 1- 5
10.
melafalkan surat al
mudatsir dari 1-7
D.
TUJUAN
Peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan misi Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
2.
Menjelaskan Kondisi Makkah
sebelum Islam
3.
Mengidentifikasi cara
dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
4.
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
5.
Menjelaskan hikmah dari
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
6.
Menjelaskan keladanan dari
perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
7.
Menjelaskan keladanan dari
perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
8.
Menjelaskan keterkaitan
misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
9.
Melafalkan surat Al Alaq 1- 5
10. melafalkan surat al mudatsir dari 1-7
E.
MATERI
POKOK
Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum kedatangan Islam
Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah
Pola Dakwah Nabi Muhammad di Mekkah
F.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Scientific Method (Metode Ilmiah)
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Pendahuluan
v Persiapan
1.
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru melakukan kegiatan curah pendapat dengan peserta didik tentang
menanyakan pertanyaan berikut:
a. Apa itu sejarah, Apa yang dimaksud
Sejarah Kebudayaan Islam,apa manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan
Islam,apa tujuan mempelajarai Sejarah Kebudayaan
Islam, Guru memberi penguatan tentang sejarah
Kebudayaan dan manfaatnya.
4.
Setelah memberikan penguatan, Guru mulai menyampaikan tujuan
pembelajaran dari tema Kondisi Masyarakat
Makkah sebelum Islam.
5.
Guru dapat menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya.
Guru dapat menggunakan
active learning, dimana peserta didik
diberi kebebasan untuk mengekspresikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan
sekaligus memberikan motivasi untuk mengkaji lebih dalam
·
Kegiatan Inti
(Mengamati)
- Peserta didik mengamati gambar
- Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap
gambar yang ada
- Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada
kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam
- Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan
peserta didik
(Menanya)
- Guru
memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam
- Peserta
didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta
pencatannya.
- Guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi Masyarakat
Makkah Sebelum Islam
- Guru
memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik
(Mengeksplorasi)
- Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
- Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta didik untuk mencatat
jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatka
Mengasosiasi
- Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
- Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta didik untuk mencatat
jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatka.
Mengkomunikasi
- Guru meminta Peserta didik tetap di kelompok
besarnya untuk mendiskusikan tentang perbandingan antara kondisi
kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan sekarang
- Guru meminta setiap kelompok menulis hasil
diskusinya di kertas. Kemudian hasilnya diserahkan ke guru untuk dinilai.
- Guru meminta salah satu kelompok
mempresntasikan hasil kerjanya
·
Penutup
- Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta
didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan
hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa
menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
· Guru menghargai setiap
hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan
atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik
agar berani mengungkapkan pendapatnya.
H.
MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : Papan tulis, Laptop, LCD, Slide
Powerpoint
2. Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar : Buku Paket
1. PENILAIAN
Pengamatan Sikap
(Diskusi)
- Format Penilaian
No.
|
Nama
peserta didik
|
Aktifitas
|
Skor
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
Inisiatif
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Rubrik penilaian:
1. Kerjasama
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya,
skor 1
b. jika
Peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang kerjasamanya, skor 3
d. jika Peserta didik mulai membudayakan kerjasamanya, skor 4
2. Keaktifan.
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b. jika
Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang keaktifan, skor 3
d. jika Peserta didik mulai keaktifan, skor 4
3. Partisipasi
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan Partisipasi, skor
1
b. jika
Peserta didik mulai memperlihatkan Partisipasi, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang Partisipasi, skor 3
d. jika Peserta didik mulai Partisipasi, skor 4
4.
Inisiatif
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan Inisiatif, skor 1
b. jika
Peserta didik mulai memperlihatkan Inisiatif, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang Inisiatif, skor 3
d. jika Peserta didik mulai membudayakan Inisiatif, skor 4
- Pedoman
Pen-skoran
Nilai
|
=
|
Jumlah Nilai
Skor Yang diperoleh
|
x
|
100
|
Jumlah Skor maksimal
(16)
|
2.
Format Penilaian “Aktifitasku” (presentasi)
- Format Penilaian
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
- Aspek dan rubrik
penilaian:
1) Kejelasan
dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok
tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi kurang lengkap, skor 10.
2) Keaktifan
dalam diskusi.
a. Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor
20.
c. Jika
kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3) Kejelasan
dan kerapian presentasi.
a. Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas
dan rapi, skor 40.
b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan jelas dan rapi, skor 30. c. Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
- Pedoman Pen-Skoran
Nilai
|
=
|
Jumlah Nilai
Skor Yang diperoleh
|
x
|
100
|
Jumlah Skor
maksimal
|
3.
Penilaian “Tugasku”
Skor penilaian sebagai
berikut:
- Jika
peserta
didik
dapat
mengumpulkan
tugasnya
tepat
pada
waktu
yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
- Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
- Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
H. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan
soal pengayaan yang telah disiapkan oleh
guru berupa pertanyaan-pertanyaan tentang Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah
(Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil
dalam pengayaan).
I. Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi akan dijelaskan kembali
oleh guru materi tentang “Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah”.
Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat penilaian
tentang uji kompetensi) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan contoh:
pada saat jam belajar, apabila
masih ada waktu, atau di luar
jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
nteraksi u Denang
Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Tugasku” dalam buku teks kepada orang tuanya. Adapun peran orang tua bisa dilihat
di tabel berikut:
No
|
Tugas
|
Peran
Orang Tua
|
1
|
Mencari Ayat-ayat tentang Kondisi Masyarakat Makkah
sebelum Islam
|
·
Mengamati kegiatan Anaknya
·
Mendampingi anaknya ketika melaksankan tugas.
|
2
|
Memperdengarkan hapalan surat al Alaq dan
Al Mudatsir
|
·
Meluangkan waktu untuk mendengar hapalan anaknya.
·
Memberikan penilaian dan tanda tangan setelah mendengar
anaknya membacakan
|
3
|
Mewancarai Ustadz/h tentang pengalaman
menjadi da’i
|
·
Mengamati kegiatan anaknya
·
Mengenalkan anaknya dengan ustadz/h sekitar
lingkungannya
·
Memfalisitasi kebutuhan anaknya
|
Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang
perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau
berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan perilaku anaknya.
Mengetahui,
Kepala Madrasah
(………………………..)
|
Depok, …………………2015
Guru Mata Pelajaran SKI
|
0 Response to "Contoh RPP SKI VII Kurikulum 2013"
Post a Comment