Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Unit 1
Besaran
dan Satuan
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan
Alam
Alokasi Waktu : 5 JP
(5 X 40 menit)
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menyadari ciptaan Tuhan
berupa alam semesta yang dipelajari dari ilmu fisika melalui peristiwa yang
dialami dalam kehidupan sehari–hari.
|
1.2 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
1.
Mensyukuri keberadaan alam semesta yang diciptakan
Tuhan secara teratur dan sempurna melalui pembelajaran ilmu fisika yang dapat
dirasakan di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari–hari.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati–hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari–hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
|
1.
Mengidentifikasi ciri–ciri pada teman, misalnya
tinggi badan, berat badan, warna rambut, dan warna kulit.
2.
Mensimulasikan pengukuran panjang
benda berdasarkan Kegiatan 1.
3.
Mengidentifikasi beberapa macam alat ukur dan tata
cara pembacaannya yang benar.
4.
Mempraktekkan pengukuran benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku beberapa besaran fisika.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari–hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
1.
Mengkomunikasikan
hasil pengukuran
dalam bentuk laporan.
2.
Mendiskusikan hasil
laporan yang
melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya
jawab.
3.
Mengkomunikasikan hasil pengamatan agar tidak terjadi kesalahpahaman
antaranggota kelompok.
|
3.1 Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan
lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya
perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
1.
Mengukur beberapa besaran pokok dalam fisika pada
benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku.
2.
Menggambarkan cara atau prosedur ahli Ilmu Pengetahuan
Alam melakukan penetapan satuan pada besaran pokok fisika ke dalam tulisan
sederhana.
3.
Mensimulasikan pengukuran benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku beberapa besaran fisika
dengan benar.
|
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran terhadap besaran–besaran pada diri, makhluk hidup, dan
lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
1.
Mempresentasikan laporan pengukuran benda hidup dan
benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak baku secara singkat di
depan kelas.
|
Pertemuan
I (Hari I)
A.
Tujuan
1.
Menelusuri
peran ilmu fisika sebagai salah satu bagian terpenting dalam kehidupan.
2.
Menguraikan
pengertian besaran fisika dan satuannya.
3.
Menyebutkan
besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan dan lambangnya.
4.
Mengenali
satuan sistem internasional melalui kegiatan eksperimen.
5.
Mencatat
bilangan dalam notasi ilmiah, faktor pengali dari sebuah besaran, dan nilai
konversi satuan.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Pendahuluan:
Fisika, Apakah itu?
2.
Besaran
Fisika dan Satuannya
3.
Besaran
Pokok dan Besaran Satuan
4.
Satuan
Sistem Internasional
5.
Notasi
Ilmiah, Faktor Pengali, dan Konversi Satuan
C.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
umum : direct instruction
2.
Metode : eksperimen, diskusi
kelompok
D.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media: Powerpoint Unit 1 Ilmu
Pengetahuan Alam Kelas VII
Grafindo
2.
Alat: OHP
atau infocus, alat dan bahan kegiatan
eksperimen
3.
Sumber: Buku Ilmu
Pengetahuan Alam untuk Kelas VII SMP, Penerbit Grafindo Media Pratama
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa mengenal
besaran fisika.
b.
Apersepsi:
1)
Mengapa
ilmu fisika harus dipelajari?
2)
“Boneka
itu sangatlah lucu”. Dapatkah kata “lucu” diukur dan dinyatakan dengan angka?
Jelaskan.
3)
Sebuah
mobil melaju dengan kecepatan 70 km/jam. Tentukan mana yang disebut besaran,
angka besaran, dan satuan pada hasil tersebut?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengenalan dasar besaran fisika dan
satuannya.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
(Observing)
1)
Mengidentifikasi
ciri–ciri pada teman, misalnya tinggi badan, berat badan, warna rambut, dan
warna kulit.
2)
Mensimulasikan pengukuran panjang benda berdasarkan Kegiatan 1 halaman 7.
3)
Mengubah (mengonversi) satuan panjang benda, tinggi badan,
dan berat badan dari data hasil pengukuran.
Menanya (Questioning)
1)
Mengajukan
pertanyaan awal tentang pengertian beserta macam–macam besaran
pokok dan besaran satuan dalam ilmu fisika.
2)
Menanyakan
alasan perumusan
satuan terstandar (baku) sangat penting dalam
pengukuran.
3)
Menanyakan
proses penetapan satuan pada besaran pokok fisika oleh para ahli Ilmu
Pengetahuan Alam.
4)
Tata cara penulisan notasi ilmiah dan faktor pengali, serta
mengubah (mengonversi) satuan suatu besaran fisika.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mempraktekkan
identifikasi ciri–ciri pada teman dan pengukuran pada Kegiatan 1 halaman 7 dengan satuan baku dan tak baku.
2)
Mempelajari pembahasan faktor pengali pada Contoh Soal 3 dan konversi satuan
besaran fisika pada Contoh Soal 4–Contoh Soal 6.
3)
Mencari informasi dari berbagai sumber lain tentang contoh
tata cara penulisan notasi ilmiah dan faktor pengali, serta tata cara mengubah
(mengonversi) satuan suatu besaran fisika.
Mengasosiasi (Associating)
1)
Menganalisis
data pengukuran dalam bentuk tabel.
2)
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh.
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)
Menggambarkan
cara atau prosedur ahli Ilmu Pengetahuan Alam melakukan penetapan satuan pada
besaran pokok fisika ke dalam tulisan sederhana.
2)
Mengkomunikasikan hasil pengukuran dalam bentuk laporan.
3)
Mempresentasikan
laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara
besaran fisika, baik besaran pokok maupun besaran turunan, beserta satuannya
yang telah diaplikasikan dalam kehidupan sehari–hari. Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk:
a.
Menyimpulkan perumusan satuan terstandar
(baku) besaran fisika dalam
pengukuran, tata cara penulisan
notasi ilmiah dan faktor pengali, serta tata cara mengubah (mengonversi) satuan
suatu besaran fisika.
b.
Merefleksikan
pengenalan dasar besaran fisika dan satuannya melalui pengerjaan Uji Kemampuan 1 halaman 5, Uji Kemampuan 2 halaman 7, Uji Kemampuan 3 halaman 11, dan Uji Kemampuan 4 halaman 14.
c.
Menemukan nilai
rasa ingin
tahu, komunikatif, teliti, cermat, kritis, dan mandiri yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
II (Hari II)
A.
Tujuan
1.
Menunjukkan
alat ukur yang digunakan dalam penentuan besaran fisika.
2.
Membaca
berbagai macam alat ukur melalui kegiatan eksperimen.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Alat Ukur
dan Pengukuran
C.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
umum : direct instruction
2.
Metode : eksperimen, diskusi
kelompok
D.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media: Powerpoint Unit 1 Ilmu
Pengetahuan Alam Kelas VII
Grafindo
2.
Alat: OHP
atau infocus, alat dan bahan kegiatan
eksperimen
3.
Sumber: Buku Ilmu
Pengetahuan Alam untuk Kelas VII SMP, Penerbit Grafindo Media Pratama
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa mengenal
alat ukur besaran fisika.
b.
Apersepsi:
1)
Alat ukur
apa saja yang kamu ketahui untuk mengukur besaran fisika? Pernahkah kamu
menggunakannya?
2)
Bagaimana
cara pembacaan alat ukur tersebut?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengenalan dasar alat ukur besaran
fisika.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati
(Observing)
1)
Mengidentifikasi
alat ukur, misalnya mistar ukur, jangka sorong, mikrometer ulir atau sekrup, stopwatch, dan neraca atau timbangan.
2)
Mempelajari
tata cara pembacaan mistar ukur, jangka sorong, mikrometer ulir atau sekrup,
dan neraca atau timbangan pada Contoh Soal 7–Contoh
Soal 10.
Menanya (Questioning)
1)
Menanyakan
cara dan alat yang digunakan dalam mengukur besaran fisika, serta sikap yang
tepat dalam melakukan pengukuran.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mempraktekkan
pengukuran benda hidup dan benda tak hidup dengan satuan baku maupun satuan tak
baku beberapa besaran fisika pada Kegiatan
2–Kegiatan 5.
Mengasosiasi (Associating)
1)
Menganalisis
data pengukuran dalam bentuk tabel.
2)
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh.
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengukuran dalam bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan
laporan secara singkat di depan
kelas.
c.
Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara
besaran fisika dengan alat ukurnya. Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk:
a.
Menyimpulkan
tata cara pembacaan beberapa alat ukur besaran fisika yang benar.
b.
Merefleksikan
penggunaan alat ukur besaran fisika melalui pengerjaan Uji Kemampuan 5 halaman 20. Kerjakan pula
Uji Kemampuan Unit 1 halaman 22–24
sebagai bentuk pemahaman materi unit ini.
c.
Menemukan nilai
rasa ingin
tahu, komunikatif, teliti, cermat, kritis, dan mandiri yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
§
Pengamatan
Sikap
|
§ Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik Penilaian Sikap
|
§
Tes
Unjuk Kerja
|
§ Lembar Tes
Unjuk Kerja
|
§
Tes
Tertulis
|
§ Tes Pilihan
|
§
Portofolio
|
§ Panduan Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur atas
keberadaan alam semesta sebagai ciptaan Tuhan melalui pembelajaran ilmu
fisika yang dapat dirasakan di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari–hari.
|
||||
2
|
Memiliki
rasa keingintahuan yang besar terhadap berbagai macam besaran
fisika dan satuannya, serta berbagai macam alat ukur besaran fisika dan
pembacaannya dengan benar.
|
||||
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun berkelompok.
|
||||
4
|
Menunjukkan keseriusan selama dan setelah melakukan pengamatan, seperti mengikuti langkah kerja dengan benar dan mengkomunikasikan data hasil pengamatan.
|
Rubrik
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur atas
keberadaan alam semesta sebagai ciptaan Tuhan melalui pembelajaran ilmu
fisika yang dapat dirasakan di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari–hari.
|
3:
Selalu menunjukkan ekspresi
rasa syukur kepada Tuhan di setiap kesempatan (topik yang dibahas).
2: Baru menunjukkan
ekspresi rasa syukur kepada Tuhan pada saat melakukan refleksi.
1:
Belum menunjukkan ekspresi rasa
syukur terhadap kebesaran Tuhan pada saat melakukan refleksi.
|
2
|
Memiliki
rasa keingintahuan yang besar terhadap berbagai macam besaran
fisika dan satuannya, serta berbagai macam alat ukur besaran fisika dan
pembacaannya dengan benar.
|
3:
Selalu menunjukkan
rasa keingintahuan
dengan antusias yang besar melalui keterlibatan secara
aktif dalam kegiatan kelompok.
2:
Sedikit menunjukkan
rasa keingintahuan dan
baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika diminta.
1:
Tidak menunjukkan rasa ingin keingintahuan
dan sulit terlibat secara aktif walaupun telah diminta.
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun berkelompok.
|
3: Tekun dan bertanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan dan berupaya mengumpulkan tugas
tepat waktu.
2:
Berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1:
Tidak berupaya sungguh–sungguh
dalam menyelesaikan tugas dan mengumpulkan tugas
tepat waktu.
|
4
|
Menunjukkan keseriusan selama dan setelah melakukan pengamatan, seperti mengikuti langkah kerja dengan benar dan mengkomunikasikan data hasil pengamatan.
|
3: Selalu menunjukkan keseriusan yang
besar selama dan setelah pengamatan serta terlibat secara
aktif dalam kegiatan kelompok.
2:
Sedikit menunjukkan keseriusan
dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika diminta.
1:
Tidak menunjukkan keseriusan
yang besar dan
sulit terlibat secara aktif walaupun telah diminta.
|
Deskripsi sikap ini
digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan angkanya yang
penting, namun deskripsi sikap siswa).
b.
Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1
|
Membaca disertai pemahaman
terhadap materi eksperimen yang akan dilakukan.
|
|||
2
|
Menguasai langkah kerja eksperimen dengan benar.
|
|||
3
|
Menggunakan peralatan eksperimen secara hati–hati dan bertanggung jawab.
|
|||
4
|
Melakukan pengambilan data
hasil pengamatan dengan benar, cemat, dan bersungguh–sungguh.
|
|||
5
|
Mampu bekerja sama dengan baik antaranggota kelompok yang lain.
|
|||
6
|
Mengembalikan alat kerja setelah eksperimen selesai.
|
c.
Lembar
Tes Tertulis
1.
Mengukur adalah ….
a.
membandingkan
satuan dengan yang lain dan sejenis
b.
menghitung
satuan dengan yang lain dan sejenis
c.
mengeja
satuan dengan yang lain dan sejenis
d.
menambah
satuan dengan yang lain dan sejenis
2.
Jika Ali menghitung panjang sisi meja dengan penggaris
ternyata lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan menggunakan pensil.
Perlakuan Ali tersebut disebut ....
a.
berlogika
b.
menghitung
c.
mengukur
d.
membandingkan
3.
12 kg berarti ….
a.
besaran
panjang bernilai 12 satuannya kilogram
b.
besaran
massa bernilai 12 satuannya kilogram
c.
besaran
volume bernilai 12 satuannya kilogram
d.
besaran
waktu bernilai 12 satuannya kilogram
4.
Pernyataan di bawah ini adalah benar, kecuali ….
a.
membandingkan
satuan dengan besaran lain yang sejenis adalah mengukur
b.
sesuatu
yang dapat diukur merupakan besaran
c.
jika 2 m
dapat dijumlahkan dengan 200 cm
d.
besaran
yang diturunkan dari besaran pokok merupakan besaran turunan
5.
Satuan SI
untuk kuat arus adalah ….
a.
amperemeter
b.
centimeter
c.
ampere
d.
kilometer
6.
Kecepatan
motor balap adalah 108 km/jam. Nilai tersebut sama dengan ….
a.
300 m/s
b.
30 m/s
c.
3 m/s
d.
semua
salah
7.
Nilai 72 105 mili sekon sama dengan ….
a.
7 jam
b.
20 jam
c.
16 jam
d.
22 jam
8.
Luas termasuk ke dalam kolompok besaran turunan karena
….
a.
diturunkan
dari besaran pokok panjang
b.
diturunkan
dari besaran pokok massa
c.
diturunkan
dari besaran pokok kubik
d.
tidak
dapat diukur secara langsung
9.
Pengukuran menggunakan jangka sorong ditunjukkan oleh
gambar di bawah ini. Hasil pengukurannya adalah ….
a.
0,00511 mm
b.
0,0511 mm
c.
0,511 mm
d.
5,11 mm
10. Pengukuran
menggunakan mikrometer ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Hasil
pengukurannya adalah ....
a.
4,58 mm
b.
4,98 mm
c.
4,30 mm
d.
4,35 mm
Jawab:
1.
b 6. a
2.
d 7. b
3.
b 8. a
4.
c 9. d
5.
c 10. a
d.
Lembar Portofolio
Alat dan Bahan
·
Jangka sorong
·
Mikrometer sekrup
·
Neraca timbang
·
Bola kecil (kelereng)
·
Silinder berongga (pipa kecil)
·
Silinder pejal (tabung)
Langkah Kerja
·
Siapkan alat ukur dan benda yang akan diukur.
·
Kenali ketelitian masing–masing alat ukur.
·
Ukur benda dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
ketelitiannya. Misalkan, diameter kelereng menggunakan mikrometer sekrup dan
tinggi silinder menggunakan jangka sorong.
·
Timbang masing–masing benda dan catat massanya.
·
Hitung volume dan massa jenis masing–masing benda dan
tulis laporan nilainya.
Data Pengamatan
No.
|
Bola
|
Silinder
Berongga
|
Silinder
Pejal
|
|||
Jari–jari
(cm)
|
Diameter Luar
(cm)
|
Diameter
Dalam (cm)
|
Tinggi (cm)
|
Diameter (cm)
|
Tinggi (cm)
|
|
1
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
2
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
3
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
Pengolahan Data
·
Menghitung volume bola, silinder berongga, dan silinder
pejal.
·
Menghitung massa jenis bola, silinder berongga, dan
silinder pejal.
Pertanyaan
·
Sebutkan jenis alat ukur panjang dan massa?
·
Jelaskan langkah–langkah untuk mendapatkan hasil
pengukuran yang tepat.
·
Tulislah hasil dan data yang diperoleh dalam Satuan
Internasional (SI).
·
Bandingkan hasil pengukuran yang kamu peroleh dengan
hasil pengukuran yang diperoleh temanmu. Jika berbeda, mengapa demikian?
Sumber : PAG
Grafindo: Ilmu
Pengetahuan Alam untuk
Kelas VII SMP
0 Response to "Contoh RPP IPA Kelas VII Kurikulum 2013"
Post a Comment